Apa itu perusahaan sekuritas? (Pengertian dan Fungsinya)

Jika anda masih baru dalam dunia saham munngkin bertanya apa itu perusahaan sekuritas atau apa pengertiannya? Jadi, kata sekuritas sebenarnya diambil dari bahasa Inggris yaitu ‘Security” yang berarti ‘keamanan’. Tapi bukan ini yang dimaksud dengan sekuritas.

Defenisi Sekuritas

Sekuritas berarti surat hutang yang dapat dengan mudah dan cepat dijadikan uang atau kas atau diuangkan. Karena pengertiannya ini sehingga sekuritas memiliki sifat likuiditas yang baik atau likuid. Maksudnya, mudah ditransaksikan.

Pengertian Perusahaan Sekuritas

Di atas kita sudah tau apa itu sekuritas, nah bagaimana jika ada embel-embel perusahaan di depannya. Jadi berdasarkan pengrtian tersebut maka perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang transaksi sekuritas atau surat berharga, dalam hal ini sebagai perantara antara nasabah dan pasar modal.

Tugas utama dari perusahaan sekuritas, sudah disebutkan di atas, yaitu menjadi perantara atau pialang antara investor dan pusat pasar modal dalam bertransaksi, baik itu di pasar saham, obligasi, sukuk, SUN, reksadana dan lainnya.

Untuk di pasar saham, perusahaan sekuritas ini tentunya menjadi perantara antara investor atau pembeli saham dengan Bursa Efek Indonesia atau yang sering disingkat dengan BEI atau dalam bahasa Inggrisnya IDX (Indonesian Exchange)

Dalam prakteknya, perusahaan sekuritas umumnya menjalankan 2 peran sekaligus, yaknik sebagai sekuritas konvensional dan syariah, namun biasanya laman webnya ditempatkan pada domain atau sub domain yang berbeda.

Terkadang, selain kata perantara, perusahaan sekuritas ini disebut juga dengan sebutan ‘pialang’ yang maksudnya kurang lebih sama dengan kata ‘perantara’ tersebut.

Jenis-Jenis Broker Berdasarkan Perannya pada Investor

Selain jenisnya berdasarkan pelayanan jenis investasinya, yakni syariah dan konvensional, broker atau pialang juga dibagi dalam 3 jenis yakni:

  1. Full service brokers – Jenis broker ini memegang amanah sepenuhnya dari investor, termasuk di dalamnya analisa, memberi nasihat, dan informasi terkait saham yang akan dibeli. Biasanya, bagi orang yang sibuk dan tidak bisa melakukan analisa yang menggunakan jasa broker seperti ini. Dan di antara dua yang disebut di bawah, inilah jasa broker yang biaya jasanya lebih mahal.
  2. Discount brokers – Bisa dibilang ini pertengahan dari yang di atas dan di bawah. Ya, hampir sama dengan yang pertama hanya saja tak selengkap dengan full service broker.
  3. Deep discount brokers – Fungsinya hanya sebatas perantara jual dan beli saja dan termasuk maintenance rekening nasabahnya. Dan inilah yang biayanya paling murah di antara dua di atas.

Nah, sekarang sudah tau kan apa itu perusahaan sekuritas. Jadi kalau ada yang tanya, jawab saja dengan simpel kalau itu merupakan perusahaan yang bergerak sebagai perantara jual beli saham dan pasar uang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *