Rumus CAGR adalah? Formula Calculator Excel Rata-rata Pertumbuhan Majemuk Tahunan

Jika anda bertanya bagaimana formula cagr calculator? cara menghitung rata rata pertumbuhan perusahaan atau langkah langkah menghitung rata rata tingkat pertumbuhan dalam interval waktu tetap? Maka artikel soal rumus CAGR adalah jawabannya.

Oleh Investopedia sendiri disebutkan bahwa CAGR ini bukan tingkat pengembalian yang sebenarnya, melainkan angka representasi saja.

Perhitungan rasio finansial ini pada dasarnya adalah baik untuk membantu memberi gambaran tingkat pertumbuhan investasi yang sama setiap tahunnya, yang mana keuntungan di tiap tahun tersebut diinvestasikan kembali.

Jadi dengan adanya perhitungan rata-rata pertumbuhan majemuk tahunan dari sebuah investasi ini, maka sekalipun di tahun tertentu ada penurunan atau kenaikan nilai investasi yang sangat berbeda, CAGR ini akan memudahkan kita menilai rata-ratanya.

Sehingga kalau kita menggunakan kalkulator CAGR ini maka kita akan terbantu dalam menilai smooth return atau tingkat pengembalian investasi wajarnya. Sehingga perusahaan tersebut lebih mudah dipahami jika dibandingkan dengan investasi alternatif di perusahaan lainnya.

Yang perlu diperhatikan dari CAGR:

  • Tidak merefleksikan resiko investasi.
  • Salah satu cara paling akurat untuk menghitung dan menentukan return untuk sesuatu yang dapat naik atau pun turun nilainya dari waktu ke waktu.
  • CAGR ini juga baik digunakan untuk mengevaluasi tingkat pertumbuhan dari dua perusahaan atau pun saham berbeda yang masih dalam sektor yang sama.

CAGR adalah?

Kepanjangan dari CAGR adalah Compound Annual Growth Rate. Atau dalam kalau kita artikan dalam bahasa Indonesia, maka terjemahannya adalah Rata-rata Pertumbuhan Majemuk Tahunan.

Maksudnya apa?

Jadi di sini yang dihitung adalah pertumbuhan investasi dan bisnis secara rata-rata dalam setiap tahunnya.

Sehingga kalau ditanya apa tujuan dari CAGR, maka jawabnya adalah rasio untuk menghitung rata-rata pertumbuhan bisnis atau pun investasi perusahaan dalam kurun waktu tertentu.

Lalu apa saja yang bisa dihitung pertumbuhannya dengan CAGR ini?

Ya bisa apa saja!

Bisa pertumbuhan investasi dari saham, reksadana, obligasi dan lainnya. Demikian juga untuk investasi di bidang property, juga bisa menggunakan rasio CAGR ini.

Bahkan, dari CAGR ini kita juga bisa membandingkan pertumbuhan antara dua atua lebih instrumen investasi. Misalnya, saham dengan reksadana, atau obligasi dengan saham, dan lain sebagainya.

Formula/Rumus CAGR

Kadang sudah dijelaskan dengan rinci masih banyak yang belum paham juga langkah langkah menghitung rata rata tingkat pertumbuhan dalam interval waktu tetap ini.

Untuk itu, saya juga menyediakan rumus CAGR excel nya satu paket dengan Kalkulator Saham Excel yang sudah rilis sebelumnya. Silahkan didownload di halaman tersebut, dengan mengikuti ketentuannya.

Sedikit saya jelaskan dulu soal kalkulator rasio atau saham yang saya sebut di atas. Jadi, isinya sebenarnya bukan hanya rumus CAGR, bahkan ada 35 rasio keuangan di dalamnya.

Menariknya, kamu tidak perlu pusing lagi membedakan cara perhitungannya kalau laporan keuangan yang akan dihitung ternyata berbeda-beda. Maksud saya, LK kuartal 1, 2, 3 dan tahunan kan beda cara hitungnya. Nah di tools sederhana ini sudah disediakan 4 macam file yang berbeda.

Termasuk, kalau berbeda penyajian. Misalnya ada yang pakai dollar LKnya, maka tinggal pilih kalkulator yang akan digunakan. So dengan satu layanan di atas kamu tidak perlu lagi buat atau cari CAGR calculator di tempat lain.

Oke, kembali ke laptop!

CAGR Calculator:

Keterangan Rumus:

  • Ending value adalah nilai investasi di tahun terakhir
  • Beginning value adalah nilai investasi awal.
  • N : jumlah tahun

Contoh:

Misalnya pak Teguh, biasa dipanggil pak Hidayat juga, berinvestasi saham mulai tahun 2019 sebesar Rp10 juta. Kemudian di tahun 2020 berikutnya nilai investasinya naik jadi Rp14 juta. Dan di tahun-tahun berikutnya bertumbuh lagi menjadi Rp17 juta di tahun 2021, Rp20 juta tahun 2022, Rp22 juta tahun 2023.

Pertanyaannya: Berapa pertumbuhan majemuk  investasi saham Pak Hidayat, selama 4 tahun?

Mari kita hitung CAGRnya!

= (Ending Value / Beginning Valu)^(1/n) – 1

= (Rp22 juta / Rp10 juta)^(1/4) – 1

= 2,20 ^ (1/4) – 1

= 1,22 – 1

= 0,22 kali

atau kalau dalam hitungan persen adalah sebesar 21,79%.

Jadi rata-rata pertumbuhan majemuk tahunan dari nilai investasi pak Teguh adalah sebesar 21,79% atau hampir 1/4 per tahunnya dari nilai investasi awalnya.

Apa Bedanya CAGR dengan Growth Rate?

Kalau kita perhatikan sepintas dari penamaannya saja, mungkin kita bisa bilang sama saja.

Hanya saja, sebenarnya growth rate ini bedanya hanya menghitung dari 2 periode berbeda saja. Sedangkan CAGR bisa dari beberapa tahun sebelumnya. Bisa dari pertumbuhan 5 atau 10 tahun sebelumnya.

Rumus GR ini sendiri lebih sederhana, yaitu:

GR = (Nilai Akhir – Nilai Awal) / Nilai Awal

Kurang lebih sama caranya kalau mau menghitung persentase secara umum. Kalau menggunakan excel maka kita tidak perlu lagi dikali 100. Karena caranya bisa langsung di’format’ menjadi persen.

Lalu bagaimana dengan perhitungan nilai-nilai penting dalam laporan keuangan, seperti laba, penjualan, hutang, kas dan lainnya. Kalau kita menghitungnya seperti itu, apakah itu juga dikatakan menghitung CAGR? Iyalah.

Tapi biasa digunakan juga stilah lain. Biasa disebut dengan Average Growth Rate atau tingkat pertumbuhan rata-rata. Rumusnya sama saja, hanya di sini yang dihitung kinerja atau pun pertumbuhan rasio perusahaan.

Analisisnya:

Apa manfaatnya bagi investor saham?. Jika mislanya ada dua perusahaan yang kita analisa dan masing-masing menghasilkan tingkat CAGR yang sama?

Solusi terbaik adalah dengan melihat tingkat pertumbuhannya tiap tahunnya. Sebaiknya pilih yang stabil, jangan yang volatilitasnya tinggi. Maksudnya, jangan yang naik turunnya drastis.

Kalau bisa pilih sahamnya yang dalam kurun waktu 5 tahun terakhir bisa terlihat bertumbuh terus. Kalau pun ada penurunan di tahun tertentu, bisasanya tidak terlalu jauh atau karena alasan yang jelas.

Jadi sebagai kesimpulannya. kalkulator CAGR ini lebih tepat digunakan untuk menghaluskan atau memudahkan penilaian kita pada pertumbuhan perusahaan atau pun nilai investasi yang kita kelola. Tujuan lainnya adalah untuk mengetahui seberapa baik prospek masa depan perusahaan.

Karena, untuk menilai prospek perusahaan atau saham di masa akan datang, maka selain menilai nilai pertumbuhannya saat ini, juga baik menilai kinerjanya di masa lalu. Nah, CAGR ini salah satu solusinya.

Begitupun ketika teman-teman yang bertanya soal rumus rasio pertumbuhan penjualan, maka rumusnya sama dengan yang tertera di atas.

Sekali lagi, miliki kalkulator saham dengan 35 rasio terlengkap yang saya sebut di atas. Anda tidak perlu menghitung lagi karena tinggal input data saja dan hasilnya bisa langsung muncul.

Saya berharap, ini bisa jadi referensi buat para mahasiswa atau peneliti yang sedang membuat skripsi, tesis dan lainnya. Begitupun untuk para investor atau trader saham, semoga ini bisa jadi referensi dalam menalakunan analisa.

Tapi, untuk berhasil dalam investasi saham, maka pastikan menerapkan Manajemen Resiko Investasi Saham yang sudah dishare di blog ini.

Cukup ya, pembahasan kita soal CAGR adalah? dan juga langkah langkah menghitung rata rata tingkat pertumbuhan dalam interval waktu tetap, serta formula dari CAGR calculator ini. Selamat berinvestasi syariah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *