Cara Download Laporan Keuangan di IDX Terbaru (Web Versi Anyar BEI)

IDX merupakan singkatan sekaligus situs resmi dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Karena tampilan webnya yang lama sudah ganti, jadi mari kita belajar cara download laporan keuangan di IDX terbaru.

Tentuny, biar semua investor pemula yang baru belajar cara bermain saham bisa tau langkah-langkah memperoleh LK perusahaan tecatat di BEI.

Kunci utama dalam melakukan pengunduhan laporan keuangan IDX adalah minimal harus tau dulu apa kode saham bersangkutan atau nama perusahaan yang sedang dicari, tidak perlu lengkap dengan kata PT dan Tbk, yang penting ada kata kuncinya.

Selain itu, kamu perlu mentukan pencariamu apakah tahunan atau triwulan. Istilah triwulan sering juga disebut kuartalan atau laporan keuangan per 3 bulanan.

Kenapa harus 3 bulan? Ya, sebenarnya ini dikarenakan oleh IDX sendiri yang mewajibkan semua emiten untuk merilis laporan keuangannya per 3 bulan sekali.

Adapun waktu perusahan mempublikasikan kinerja kuartalannya adalah:

  • Triwulan/Kuartal I : Untuk laporan keuangan Januari-Maret dirilis maksimal hari terakhir di bulan April.
  • Triwulan II : Untuk laporan keuangan April-Juni dirilis atau dipublikasikan maksimal hari terakhir di bulan Juli.
  • Triwulan III : Untuk laporan keuangan Juli-September maksimal hari terakhir bulan Oktober atau sebelum tanggal 1 November.
  • Laporan Tahunan / Kuartal IV : Untuk laporan keuangan Oktober-Desember dan Setahun penuh maksimal sampai akhir Maret tahun berikutnya. Jadi, sebelum tanggal 1 April semua emiten sudah harus mempublikasikan laporan keuangannya.

Khusus untuk yang tahunan waktunya lebih lama karena mengingat rekap kinerja setahun penuh butuh waktu agak lama juga, belum lagi penyusunan rencana anggaran selanjutnya dan aktifitas kerja di awal tahun juga menyita waktu banyak.

Baca dulu: Rumus Valuasi Saham dengan PER.

Langkah Cara Download Laporan Keuangan di IDX Terbaru

Step paling awal yang harus dilakukan untuk melakukan tahapan pengunduhan finansial statement dan juga balance sheet (nama lain dari laporan aktifa dan passifa atau Aset dan Liabilitas&Ekuitas) ini adalah dengan membuka situs resmi BEI.

Lebih jelasnya berikut tahapnya:

cara download laporan keuangan idx terbaru1. Buka situs resmi IDX, di www.idx.co.id

2. Setelah tampilan websitenya terlihat, selanjutnya, pada menu atas arahkan kursor pada menu “Perusahaan Tercatat”.

3. Kemudian pilih submenu dengan tulisan “Laporan Keuangan dan Tahunan

4. Centang pilihannya dan ketik kode sahamnya.

  1. Pada bagian Jenis Laporan :  Centang Laporan Keuangan untuk mengunduh laporan per kuartal atau Laporan Tahunan untuk laporan setahun penuh pada tahun tertentu.
  2. Untuk Jenis Efek, pilih Saham (soal pilihan Obligasi hanya bila yang dibutuhkan kinerja obligasi).
  3. Kode/Nama Perusahaan: Masukkan kode sahamnya maka otomatis sistem akan memunculkan awalan huruf yang sama, missal A akan muncul AALI dan lainnya. Langsung klik kode yang sesuai nama perusahaannya.
  4. Pilih Tahun : Akan muncul pilihan 3 tahun terakhir
  5. Periode : Ada 4 pilihan, yaitu Triwulan 1, Triwulan 2, Triwulan 3, Tahunan atau Triwulan 4. Pilih sesuai periode terbaru saat itu.
  6. Terakhir, klik “CARI” untuk memunculkan laporannya.

Jika ingin mendownload laporan keuangan perusahaan dari berbagai sektor maupun di sector yang sama maka masukkan beberapa Kode atau nama Perusahaan dengan dipisahkan tanda titik koma (;) tanpa spasi di antaranya.

Selanjutnya, jika sudah mengklik tombol “Cari”, maka akan muncul seperti gambar berikut di bagian bawah halaman tersebut:

file yang seharusnya diunduh di idx

Dari gambar di atas yang di download adalah yang tulisannya LK TW1 2018.pdf, sedangkan yang lainnya diabaikan saja.

Kecuali, jika belum tau model pembulatan (apakah ribuan, ratusan ribu atau jutaan) dan mata uang yang digunakan dalam laporan keuangannya, maka coba juga lihat isi file pertama (FinansialStatement-2018-I-PGAS.pdf).

Baca juga: 2 Cara Mengetahui Harga Saham Murah atau Mahal

Cara Membaca Laporan Keuangan

Kebetulan sekali, buat yang belum bisa membaca dan menganalisa sendiri laporan keuangan perusahaan, terutama rasio-rasionya dan juga letak-letak dari semua isi laporan keuangan, nah anda sebaiknya membeli file excel rumus saham super lengkap berikut ini.

Terutama, seperti letak ekuitas, liabilitas, laba bersih, kas dan setara kas, asset tetap, jumlah saham beredar, biaya penyusutan, atau mungki mau cek harga saham dan lainnya yang mungkin anda masih bingung menemukannya, bisa anda ketahui dari satu tools sederhana yang saya buat.

Dan berikut ini yang akan Anda dapat bila membeli file excel kalkulator saham ini:

  1. Kolom input data dari laporan keuangan.
  2. Persentase  pertumbuhan tiap bagian laporan keuangan dibandingkan dengan laporan sebelumnya di periode yang sama. (otomatis)
  3. Hasil rata-rata pertumbuhan 5 tahun terakhir (otomatis)
  4. Rasio-rasio keuangan dari hasil input data. Kurang lebih 34 rasio keuangan  (otomatis)
  5. Penilaian angka yang ditampilkan dari tiap rasio (otomatis)
  6. Keterangan fungsi tiap rasio keuangan.
  7. Ketentuan penilaian, termasuk range angka untuk tiap rasionya sehingga bisa dinilai baik atau buruk, menguntungkan atau merugikan, murah atau mahal dan lain sebagainya.

Dengan memiliki kalkulator saham sederhana yang saya buat, maka semua kebutuhan Anda soal analisa fundamental saham dan juga cara menilai contoh laporan keuangan perusahaan Tbk akan terjawab sudah.

Dan asal tau saja, kalkulator saham ini saya buat bukan sehari-dua hari saja, tapi hampir 2 bulan lamanya.

Ini karena setiap rumus yang ada di dalam tools sederhana ini perlu percobaan beberapa kali untuk menguji semua rumus perhitungan saham di dalamnya, sehingga wajar kalau butuh waktu lama menyelesaikannya.

Selain itu, jika anda butuh laporan keuangan tahunan dari berbagai perusahaan dan malas mencarinya sendiri maka bisa menggunakan jasa dari saya langsung. Tiap 5 LK tahunan atau pun triwulan dikenakan biaya jasa cuma Rp200.000 saja.

Sepertinya cukup ya, bila ada pertanyaan seputar cara download laporan keuangan di IDX terbaru silahkan komentar di bawah. Semoga berkah dengan saham syariah!

2 thoughts on “Cara Download Laporan Keuangan di IDX Terbaru (Web Versi Anyar BEI)

  1. di pilihan kolom itu kan cuma 3 tahun, kalo mau download tahun sebelum itu caranya gimana? misal tahun 2014 caranya gimana?

    1. Situs IDX yang baru memang seperti itu, sy juga belum dapat konfirmasi dari pihak BEI. Salah satu solusinya adalah dengan mengunjungi situs emiten langsung, misal PGAS lihatnya di PGN.co.id dan emiten lainnya juga begitu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *