Cara Membaca Laporan Keuangan Perusahaan Tbk / Go Publik, baik Neraca dan Laba Ruginya

Banyak yang bilang akuntansi itu susah, tapi khusus cara membaca laporan keuangan perusahaan tbk / go publik, baik itu neraca (Aset dan Liabilitas & Ekuitasnya) dan juga laba ruginya yang ditujukan untuk investasi saham, maka sama seali tidak susah.

Bahkan, bisa saya bilang bahwa membaca isi laporan keuangan ini seperti pelajaran anak SD saja, karena yang kita lakukan hanya mengalikan, menambahkan dan juga membagi. Tidak lebih dari 3 teknik matematika sederhana tersebut.

Dan juga perlu diketahui bahwa jika anda mau menjadi trader atau investor saham maka tidak usah minder bahwa anda bukan dari jurusan Ekonomi. Karena, rata-rata ahli bermain saham yang ada saat ini hampir semua bukan dari jurusan tersebut.

Alasannya, karena yang jurusan akuntansi, keuangan, dan apalah itu mungkin pada sibuk jadi karyawan di perusahaan impian mereka. Jadi, wajar kalau kebanyakan yang melakoni aktifitas trading dan juga analis saham dari orang-orang yang disiplin ilmunya berbeda.

Cara Membaca Laporan Keuangan Perusahaan Tbk / Go Publik – Neraca, Laba Rugi dan Arus Kasnya

Dalam membaca laporan keuangan perusahaan maka ada 5 poin penting yang harus dilakukan, dan selebihnya tinggal menganalisa faktor eksternalnya seperti IHSG, nilai tukar rupiah, dan ekonomi global.

1. Memahami bagian-bagian dari isi laporan keuangan

Yang termasuk di dalamnya seperti asset, liabilitas, ekuitas, laba rugi dan lainnya. Soal ini bisa anda baca ulasan lengkapnya di sini: Bagian-bagian dan Contoh Laporan Keuangan

2. Mengetahui letak dari tiap perhitungan yang menampilkan angka-angka

Misalnya, laporan kas dan setara kas letaknya dimana?, asset tetap di halaman mana?, letak halaman laba rugi, dan lain sebagainya.

3. Memahami persentase pertumbuhan maupun penurunan dari nilai yang ditampilkan.

Misalnya, laba bersih PGAS saat ini (anggaplah di kuartal I 2018) sebesar $80,35 juta, maka untuk tau jumlah pertumbuhan/penurunannya harus dilihat laporan keuangan periode sebelumnya juga.

Hanya saja, biasanya di dalam LK sudah ditampilkan langsung kinerja periode sebelumnya, jadi tinggal menghitung besaran persentasenya saja. Dan kebetulan cara perhitungannya juga sudah saya tampilkan dalam file Excel rumus perhitungan saham yang saya buat.cara membaca laporan keuangan perusahaan tbk

4. Membaca trend perkembangan kinerja perusahaan dari tahun ke tahun.

Contoh, laba PT Bukit Asam saat ini sebesar Rp4,476 triliun, maka untuk tau trendnya usahakan lihat juga laporan keuangannya untuk 5 tahun terakhir seperti apa, kemudian hitung dengan rumus rata-rata. (mengenai ini bisa anda beli dari rumus membaca laporan keuangan yang saya buat sendiri, pokoknya lengkap).

5. Menghitung rasio-rasio dari nilai yang ada dalam laporan keuangan.

Banyak trader saham menilai bahwa rasio inilah yang bisa menilai dengan baik kinerja, aktifitas, nilai wajar, dan solvabilitas dari tiap emiten yang sedang dianalisa laporan kuartalan atau pun tahunannya.

Dengan mengetahui rasio-rasio dari data keuangan maka kita bisa memutuskan apakah saham tersebut layak dibeli atau tidak.

Untungnya, semua 5 cara di atas sudah tersaji dalam satu paket kalkulator saham yang saya buat. Jika tertarik, hubungi halaman kontak di atas.

Setelah tau kalau fundamentalnya bagus, selanjutnya pahami juga: Kapan Waktu yang Tepat Membeli Saham

Dapatkan Contoh Cara Menghitung Laporan Keuangan Terlengkap

Jika anda ingin tau semua cara membaca laporan keuangan di atas, saya sudah menyediakan alatnya.

Tools yang saya buat ini menggunakan file Excel.

Tapi jangan salah, semua cara menghitung rasio-rasio keuangan yang berjumlah 34 rasio, analisa trend, dan pertumbuhan sudah disajikan lengkap.

Selain itu, tujuan dari tiap rasio keuangan yang ditampilkan juga sudah dijelaskan satu per satu. Plus, bagaimana menilai hasil dari tiap rasio yang ditampilkan juga sudah dijelaskan di kolom penilaian.

Cara kerja alat ini sederhana sekali. Cukup masukkan data yang anda ambil dari laporan keuangan yang telah anda download, selanjutnya angka hasil hitungannya dan penilainnya akan otomatis berubah, menyesuaikan dengan rumus yang telah dibuat di dalamnya.

Jadi dengan membeli tools excel ini anda akan mendapat fitur berupa:

  • Kolom untuk mengimput isi laporan keuangan
  • Hasil persentase pertumbuhan dari periode yang sama sebelumnya. (otomatis)
  • Nilai rata-rata persentase pertumbuhan dari kinerja emiten selama 5 tahun terakhir (otomatis)
  • Nilai rasio dari semua rasio-rasio keuangan/akuntasi yang ada dalam laporan keuangan. (otomatis)
  • Penilaian atas tiap rasio yang ditampilkan, mislanya untuk rasio valuasi akan ditampilkan apakah saham tersebut sangat murah, murah, mahal, atau kemahalan. (otomatis)
  • Penjelasan dari manfaat tiap rasio yang ada, maksudnya apa tujuan dari perhitungan rasio tersebut.
  • Cara menilai angka-angka yang ditampilkan dari tiap hasil perhitungan rasio tersebut.
  • Video berupa penjelasan soal letak tiap bagian dari laporan keuangan, misalnya letak laba bersih, kas dan setara kas, total asset, jumlah saham beredar, EPS, ekuitas dan liabilitas, penyusutan, dan lain sebagainya. Intinya semua bagian penting dalam laporan keuangan akan dijelaskan satu per satu letaknya.

Jika anda tertarik memiliki tools sederhana ini, hubungi:

Halaman Kontak

atau

WA : 085255877760

Dijamin, anda akan bisa dengan mudah membaca data laporan keuangan dengan mudah. Jadi untuk apa browsing kesana kemari kalau informasi yang didapatkan belum tentu kebenarannya.

Tools cara menganlisa laporan keuangan ini cocok untuk siapa saja?

  1. Trader saham yang mau menganalisa saham tertentu, baik yang beraliran value maupun growth investing, berdasarkan analisa fundamental.
  2. Mahasiswa yang ingin membuat penelitian dari data perdagangan saham di bursa efek Indonesia
  3. Dosen dan pengajar lainnya yang ingin memberikan pengajaran pada anak didiknya mengenai cara menilai laporan keuangan atau pun belajar ilmu soal akuntasi keuangan lainnya.
  4. Masyarakat umum yang ingin tau seputar kinerja perusahaan terbuka dari rasio-rasio laporan keuangannya.atau pun setiap orang yang ingin belajar secara mandiri dalam membaca isi dari laporan kuartal mau pun tahunan dari tiap perusahaan.

Sehingga, dengan menggunakan kalkulator saham ini diharapkan semua investor, calon investor, dan siapa saja bisa dengan mudah membaca dana memahami maksud dari tiap nilai yang dicantumkan dalam laporan keuangan perusahaan di IDX atau BEI.

Demikian cara membaca laporan keuangan perusahaan Tbk/Go Publik dari asset, ekuitas, liabilitas, laba rugi, arus kas dan catatan dari tiap pelaporan dalam LK yang anda download dari IDX.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *