Rahasia Cara Menjadi Trader Saham Sukses, Trader Harian or Mingguan Wajib Tau Ini!

Banyak yang bertanya apa sih rahasia cara menjadi trader saham sukses? Bagaimana caranya?. Ini kurang lebih sama dengan pertanyaan, bagaimana trik kaya dari saham?

Sering saya sampaikan kalau saham itu jauh berbeda dengan jenis investasi lainnya. Di saham, tidak ada yang namanya asal beli, harus belajar analisis dulu baru bisa kelihatan hasilnya. Itupun kalau pengalaman masih kurang biasanya rugi dulu di awal, walau tidak semua seperti itu.

Bahasa ‘sukses’sebenarnya relative. Bagi yang mulai dengan modal minim, anggaplah 1-2 juta, mungkin akan mengatakan sukses kalau uangnya sudah bisa berkembang hingga 1 Milyar. Tapi, bagi yang bermodal besar, misalnya sampai milyaran, maka mungkin baru akan merasa sukses kalau dananya sudah naik berkali lipat hingga triliunan. Tapi bukan ini fukus kita.

Yang akan kita bahas saat ini, apa sih rahasinya biar bisa berhasil di saham? Sifat apa saja yang harus dimiliki seorang calon trader sukses?

Nah, sebelum menjawab saya mau cerita pengalaman dulu.

Di awal main saham, kalau baca artikel soal investor yang beli banyak saham yang berbeda-beda biasanya dalam hati saya agak menghina. Saya berkata, “ngapain beli saham banyak, kalau untung kan untungnya sedikit, tidak sebanyak kalau fokus di satu saham!”

Seiring waktu berjalan, setelah mengalami rugi dari saham, walau waktu itu saya tetap beli 2-3 saham dalam sekali waktu, saya mulai menyadari bahwa cara tersebut cukup berguna untuk menghindari bangkrut dari investasi ini. Baca selengkapnya: Manajemen Resiko Investasi Saham.

Karena, kalau misalnya beli beberapa saham, anggaplah 3 saham, kemudian 1 di antaranya turun hingga 70%, maka masih ada kesempatan memperbaiki teknik trading dari dana tersisa tersebut. Karena, realnya dana kita bukannya tersisa 30% saja, tapi masih sekitar 80% lagi, karena di awal total dana sudah dibagi 3.

Berbeda kalau hanya 1 saham yang dibeli, kalau ternyata rugi, jika ruginya sampai 70%, maka realnya dana kita hanya tersisa 30% saja. Dan tentu ini berat untuk melakukan recovery, terlebih keuntungan rata-rata dari saham antara 15%-30% saja setahunnya. Itupun tergantung kemampuan masing-masing investor.

Nah, seperti itulah pengalaman singkat saya. Selanjutnya, mari ketahui sifat-sifat seorang trader sukses berikut ini.

Rahasia Cara Menjadi Trader Saham Sukses

1. Sabar

Terkadang bermain saham ditentukan ‘bukan dari saham apa yang kamu beli, tapi seberapa bersabar kamu memegang saham tersebut’.

Dalam prakteknya, banyak trader saham yang sudah benar melakukan analisis, mulai dari valuasi sahamnya, profitabilitas perusahaannya, analisis berita dan sebagainya, tapi sayang karena tidak sabar dan ikut-ikutan dengan trader lain akhirnya ia melepas saham yang sudah lama ia hold. Dan ternyata setelah beberapa hari saham tersebut ternyata naik, bahkan lebih tinggi dari prediksi sebelumnya.

Kejadian seperti di atas sering kali terjadi, bahkan penulis sendiri pernah mengalaminya. Walau tidak sering, kesalahan seperti itu pasti bisa dialami oleh semua trader saham syariah maupun konvensional. Entah sudah berpengalaman atau masih baru semua bisa mengalami hal yang sama.

Itu artinya, sebagaimana sering saya singgung, bahwa trading saham itu bukan hanya butuh ilmu, tapi lebih penting dari itu adalah pengalaman dan kemampuan memahami karakter saham maupun pasar secara umum.

Salah tak masalah, yang penting setelah itu jadikan sebagai guru berharga Anda. Lambat laun ilmu-ilmu seperti ini akan jadi pegangan dalam melakukan trading. Tentunya kemampuan membaca keadaan seperti inilah yang membedakan antara satu investor dengan investor lainnya.

2. Tidak Serakah

Secara sepintas, orang yang tidak pernah terjun di bursa saham akan berkata kalau orang yang investasi saham itu orang yang serakah dan mau cepat kaya dengan mudah. Tapi, faktanya, orang seperti itu malah lebih banyak yang bangkrut alias tidak sukses.

Kenapa demikian? Ya, karena jenis investasi ini sangat berbeda dengan investasi lainnya. Kalau properti, tinggal pilih yang lokasinya bagus setelah itu ditinggal tidur tidak masalah. Beberapa tahun kemudian harganya sudah naik dan bisa langsung panen.cara menjadi trader saham sukses

Tapi, kalau saham, sekalipun harganya sudah murah dan analisisnya sudah sangat detail, tapi kalau belinya serampangan maka kemungkinan gagalnya juga besar. Baca: Kenapa Saham Murah Masih Bisa Turun.

Serampangan di sini maksudnya strategi trading yang dilakukan. Karena, dalam bermain saham ada ilmunya. Tidak bisa hanya beli begitu saja.

Pada saat membeli saham tidak boleh dana yang dimiliki dibelikan saham sekaligus, apalagi hanya untuk satu saham saja.

Mungkin ada yang bertanya, ‘Kan kalau belinya banyak dan sahamnya naik kan untungnya akan banyak juga?’ Ya, betul. Tapi itu kalau sahamnya naik, bagaimana kalau turun?

Nah inilah yang penulis maksud kalau mau sukses main saham maka tidak boleh serakah.

Cara yang benar adalah dengan tidak membeli satu saham saja dalam sekali waktu. Karena bila satu saham turun, masih ada harapan di saham yang lain. Betul kalau untungnya lebih sedikit karena dananya dibagi pada beberapa saham. Tapi kan lebih baik bisa untung sedikit tapi bisa bertahan lama, dari pada untung banyak tapi bisa bangkrut sewaktu-waktu karena saham semata wayang yang dimiliki turun.

Terlebih, saham itu ‘investasi liar’ dan sangat berbeda dengan jenis investasi pada umumnya. Kadang yang sudah dianalisis dengan baik dan diprediksi akan naik malah turun, sebaliknya yang dianggap kurang prospek malah naik sejadi-jadinya, bahkan lebih tinggi dari ekspektasi kita.

Tips tidak serakah lainnya adalah ‘jangan beli satu saham sekaligus!’. Maksudnya, jika kamu mengincar saham Astra (ASII) misalnya, maka pastikan beli secara bertahap, minimal 3 kali.

Misalnya saja, sudah dianggarkan Rp10 juta untuk beli saham ASII, maka si trader bisa membagi menjadi 3 bagian dananya. Misalnya setelah pembelian pertama sebesar Rp3,3 juta ternyata sahamnya turun maka bisa dilakukan averagedown lagi, jadi bisa dapat harga tengah. Dan bila ternyata naik, tidak masalah karena kita bisa melakukan average up lagi dan tetap bisa untung nantinya.

So, dari sini teman Analis.co.id bisa dapat 2 ilmu trading, yaitu tidak membeli 1 saham saja dari total dana yang dimiliki dan membeli saham secara bertahap untuk antisipasi penurunan saham.

3. Teliti

Jadi salah satu rahasia cara menjadi trader saham sukses adalah berusaha untuk teliti dalam setiap keputusan yang diambil.

Ingat, apa pun bentuk rekomendasi yang teman-teman gunakan, entah itu berbayar atau dari grup gratisan, semua hanya tambahan pertimbangan saja dan bukan rekomendasi yang bisa ditelan mentah-mentah.

Kenapa demikian? Ya, karena uangmu resikomu. Artinya, segala keputusan salah yang diambil dampaknya kembali pada pemilik dana dan si pemberi rekomendasi tidak bertanggungjawab sama sekali.

Dan jika seandainya analisis itu murni dilakukan sendiri maka lakukanlah analisis yang mendalam. Jangan hanya berpatokan pada laporan keuangan perusahaan karena ada banyak faktor yang harus dinilai dalam analisis, termasuk di dalamnya isu ekonomi dan politik, grafik pergerakan harga saham, gaya bisnis perusahaan dan lain sebagainya. Baca: Cara Menilai Perusahaan yang Baik.

Bicara soal pengalaman, dulu saya murni menggunakan analisa fundamental sebagai dasar keputusan dalam membeli saham. Tapi, setelah dijalani, ternyata banyak saham yang walau sudah murah ternyata masih turun, bahkan lebih dalam dari harga bottom-nya sebelumnya.

Nah dari pengalaman tersebutlah saya mulai melirik analisis teknikal yang mana dasar analisanya menggunakan grafik pergerakan harga saham. Hanya saja, analisis ini saya gunakan hanya untuk menentukan timing beli dan jual yang pas, sedangkan analisis fundamental tetap saya gunakan untuk menentukan mana saham yang tepat untuk dipilih sebagai ladang investasi.

Saya kira demikian ulasan soal Rahasia Cara Menjadi Trader Saham Sukses. Semoga membantu buat teman-teman yang masih pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *