Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Transportasi, Dagang, Dll, Lengkap!

Bagi seorang investor saham, contoh laporan keuangan perusahaan jasa transportasi, dagang, usaha kecil, manufaktur, bank syariah, cafe & resto dan apa pun jenisnya penting sekali untuk mengetahui data keuangan akuntansi terbaru dari saham emiten yang akan ia beli sahamnya.

Selain itu, perusahaan atau pun UKM yang baru mau belajar menyajikan laporan keuangan sederhana yang professional juga bisa belajar dari contoh yang Analis sajikan.

Tentunya, ini sebagai bahan perbandingan dan rujukan untuk menyusun catatan asset, ekuitas dan liabilitas atau yang disebut juga neraca, serta laporan laba rugi dan juga perubahan arus kas terkininya.

Bukan hanya dua golongan di atas yang memerlukan contoh balance sheet (Aktiva dan Passiva) ini, tapi semua stakeholder yang berkepentingan, termasuk bank atau kreditur yang ingin menyalurkan pembiayaan juga harus tau kondisi keuangan UKM yang akan dibiayai.

Termasuk manajer perusahaan, ia juga butuh contoh financial statement ini, minimal untuk tau cara membaca dan menganalisa rasio angka-angka yang ada di dalamnya. Gunanya, ya untuk menyusun rencana bisnis selanjutanya.

Tapi bagi saya, selaku analis saham syariah, contoh sederhana dari laporan keuangan usaha kecil maupun PT ini, khususnya dari perusahaan terbuka (Tbk.) yang telah terdaftar di Bursa efek Indonesia atau pun OJK ini adalah sebagai bahan analisa. Tepatnya untuk keperluan analisa fundamental berbagai emiten yang telah terdaftar di BEI.

Anlisa yang dilakukan dari data keuangan adalah termasuk di dalamnya analisa perubahan nilai dari periode sebelumnya, trend, dan juga rasio-rasio yang menunjukkan kondisi perusahaan saat ini, seperti likuiditas, profitabilitas, dan valuasi saham itu sendiri.

Biar gak peke lama, mari kita mulai saja pembahasannya.

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Transportasi/Rental Mobil: Blue Bird

Sehubungan karena di BEI saat ini saham Bluebird lah yang paling dikenal sebagai perusahaan jasa transportasi, untuk itu dikesmpatan ini kita akan melihat bagaimana laporan keuangan tahunan atau pun per kuartal-nya disajikan.

Dan kebetulan, perusahaan dengan kode saham BIRD di BEI ini sudah melakukan IPO pada tanggal 5 November 2014, jadi kita sudah bisa melihat contoh asli dari LKnya.

Dalam jenis-jenis laporan keuangan ada 5 halaman penting yang selalu menjadi penilian para analis saham (kecuali tiap bagian tersebut tidak cukup disajikan dalam 1 halaman saja), yakni

(Ket: Laporan posisi keuangan: 1-2)

  1. Aset (lancar dan tidak lancar)
  2. Liabilitas dan Ekuitas
  3. Laba/Rugi dan Penghasilan
  4. Laporan Perubahan Ekuitas
  5. Laporan Arus Kas

laporan keuangan jasa transportasi Blue Bird

Kelima yang disebut di atas dalah halaman-halaman yang pertama muncul setelah penyampian tertulis dari badan akuntan yang melakukan audit resmi laporan keuangan tersebut atau disebut juga “Laporan Auditor Independen“. Biasanya disertai dengan tandatangan bermaterai.

Selain yang disebutkan di atas, halaman lainnya adalah keterangan dari tiap-tiap bagian keuangan (disebut juga “Catatan Atas Laporan Keuangan”) yang disajikan di 3 halaman pertama (aset, liabilitas & ekuitas dan laba/rugi) laporan keuangan yang disebut di atas.

Jadi, kalau kita rinci secara detail, maka ada total 7 kelompok laporan dalam laporan keuangan tersebut.

Biasanya keterangan tersebut disertai angka sehingga mudah ditemukan. Misalnya, pada item Kas dan Setara Kas diberi nomor 2 di sampingnya, maka untuk mencari keterangan dan rincian kasnya kita harus mencari di bagian bawah setelah 4 halaman yang disebut di atas.

Umumnya contoh laporan keuangan ini disajikan hingga 100 halaman lebih untuk menjelaskan semua bagian pelaporannya.

Berikut adalah contoh tampilan per halamannya:

1. Laporan Aset Perusahaan

contoh laporan keuangan perusahaan lengkap

2. Laporan Liabilitas dan Ekuitas

contoh laporan keuangan akuntansiKarena Ekuitas-nya tidak cukup ditampilkan di halaman yang sama dengan Liabilitas, sehingga dilanjutkan di halaman selanjutnya:contoh laporan keuangan neraca

3. Laporan Laba / Rugi

contoh laba rugi Dan karena tidak muat dalam satu halaman, seperti yang sebelumnya, maka laporan laba-rugi disajikan dalam 2 halaman. Ini lanjutannya:tampilan laporan keuangan usaha kecil

4. Laporan Perubahan Ekuitas Konsolidasian

contoh perubahan ekuitas

5. Laporan Perubahan Arus Kas

contoh laporan arus kas

5. Catatan Atas Laporan Keuangan

catatan atas laporan keuangan

Di bagian ini akan menerangkan semua isi materi yang terdapat pada semua jenis laporan keuangan yang disebutkan di atas. Jelasnya, di sini akan dijelaskan satu per satu maksud dan cara perhitungannya sehingga bisa ditampilkan angka-angka sebagaimana tertera di laporan keuangan.

Sampel dari gambar terakhir hanya salah satu bentunya saja, yang lainnya ada yang menampilkan rincian keuangannya dalam angka rupiah.

Yang penting juga diperhatikan adalah bahwa dalam menyajikan kinerja keuangan suatu bisnis maka pihak akuntan akan memilih jenis pembulatan yang digunakan, apakah ribuan, ratusan ribuan, atau jutaan.

Terkadang juga ada perusahaan yang tidak menggunakan mata uang Rupiah, jadi dalam mata uang dollar. Contohnya dari LK PGAS.

Jadi buat trader saham, saat melakukan analisa perlu tau betul penyampaian soal ini. Biasanya di file tersendiri yang disebut dengan Finansial Statement, tepatnya di bagian ‘Informasi Umum’.

Download Data:

Jika anda ingin melihat secara langsung isi rilis data keuangan dari PT. Blue Bird Tbk. Silahkan download laporan keuangannya Disini.

Apa yang akan anda unduh adalah bentuk asli LK dari saham berkode BIRD yang dirilis di situs IDX langsung. Jadi bila ingin membuat sendiri bisa dengan meniru susunan pelaporannya.

Selain contoh dari jasa transportasi di atas, anda juga bisa meminta contoh laporan keuangan dari perusahaan lain yang sudah berstatus terbuka, seperti Telkom, Unilever, BRI, BCA, BRI Syariah, PTBA dan semua perusahaan yang sudah Go Publik.

Biaya jasa pengiriman tiap 5 laporan keuangan cuma Rp.50.000. Tertarik? Hubungi via Halaman Kontak blog ini.

Demikian Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Transportasi, Dagang, Manufaktur, Bank Syariah, Cafe & Resto Dll, Lengkap dan sederhana disajikan dengan akuntansi nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *