Daftar Saham Blue Chip 2019 di Indonesia. Harga Saham Blue Chip Murah!

Salah satu manajemen resiko investasi saham adalah dengan memilih saham yang aman atau minim resikonya. Nah, blue chip adalah salah satu solusinya. Di artikel Daftar Saham Blue Chip 2019 dan juga Daftar Harga Saham Blue Chip Indonesia ini bisa jadi rujukan investasi anda.

Mungkin banyak trader saham pemula berpikir bahwa list saham ini dipublish dan ada indeksnya. Tapi sebenarnya, tidak ada indeks khusus sama sekali untuk kategori saham ini.

Mengapa tidak? Ya, karena sebenarnya tida ada standar dasar dan umum dari blue chip ini. Kalaupun ada sebenarnya itu berdasarkan versi dari pakar tmembersebut.

Tapi biar bagaimana pun kita masih tetap bisa membuat ciri umum dari saham blue chip ini.

Untuk lebih meyakinkan, saya mencoba mengutip salah satu dari tulisan Investopedia berikut:

“A blue-chip company is well-known, well-established, and well-capitalized.”

Artinya, saham blue chip adalah saham dari perusahaan yang sudah terkenal, mapan dan bermodal besar.

Perusahaan dengan kriteria semacam itu biasanya ia merupakan perusahaan terkemuka atau leader di sektornya. Dan umumnya juga diikuti oleh barang atau jasanya yang dominan atau memonopoli perdagangan di negaranya.

Karena leader di sektornya, produknya umumnya berkualitas tinggi dan diakui secara nasional juga.

Secara umum, perusahaan blue-chip dinilai relatif tahan banting terhadap penurunan kondisi ekonomi. Karenanya, bisnisnya biasanya menghasilkan pendapatan yang konsisten dan pertumbuhan yang stabil dari waktu ke waktu.

Apa yang dicapai dari perusahaan seperti yang disebut di atas selalu bukan karena pencapaian setahun-dua tahun saja. Tapi, bisa dipastikan memiliki catatan panjang pertumbuhan yang stabil dan sejumlah prestasi yang tidak dimiliki dari saham second liner dan lainnya.

Dari pemaparan di atas, maka dapat dirinci beberapa cirinya:

  1. Terkenal
  2. Mapan
  3. Memiliki modal besar
  4. Market-Cap. besar.
  5. Leader di sektornya
  6. Kinerjanya stabil
  7. Produknya berkualitas tinggi
  8. Diakui secara nasional

Lebih lengkapnya mengenai apa itu pengertian bluechip dan teorinya, silahkan baca artikelnya di sini: Pengertian Blue Chip dan Contohnya

Nah, dari beberapa kriteria yang disebut di atas, maka mungkin kamu sudah bisa mencarinya sendiri dari 600 lebih saham yang ada di BEI. Tapi tidak perlu seperti itu, karena pasti akan jadi pekerjaan yang melelahkan.

Daftar Saham Blue Chip 2019 dan Harganya

Selain menyertakan kode sahamnya, anda juga bisa melihat daftar harga saham blue chip murah dan mahal dari semua daftarnya.

20 Terbaik menurut versi saya:

  1. ASII
  2. PGAS
  3. JSMR
  4. WSKT
  5. PTBA
  6. UNTR
  7. TLKM
  8. AALI
  9. CPIN
  10. UNVR
  11. KLBFdaftar saham blue chip
  12. SMGR
  13. MYOR
  14. INDF
  15. BBCA
  16. BBRI
  17. BMRI
  18. LSIP
  19. ITMG
  20. MNCN

Dari 20 saham yang disebut di atas, ada 3 perusahaan favorit saya, yaitu ASII, PGAS dan JSMR. Ketiganya paling cocok untuk investasi middle-term atau jangka menengah. Ya, alasannya karena ketiganya seringkali naik dan turun di waktu tertentu.

Yang saya sebut di atas sebenarnya berdasarkan kapitalisasi pasarnya dan kemapanan perusahaannya. Daftar di atas bisa saja berbeda menurut versi analis saham lain.

Cara cepat menemukan saham BC di bursa:

Sebenarnya, di atas itu berdasarkan pengamatan saya sendiri dari beberapa saham yang ada di BEI. Tapi sebenarnya ada caranya kalau mau langsung menemukan listnya dan bisa update setiap beberapa bulan sekali.

Cara yang saya maksud adalah dengan langsung melihat indeksnya.

Di situs BEI sendiri, dari 600 lebih saham yang ada, sebenarnya sudah ada beberapa indeks saham yang sudah dibuat IDX. Ini tentunya lebih memudahkan kita menemukan saham bluechip yang layak invest.

Jadi begini, indeks untuk semua saham di BEI namanya IHSG. Nah, dari IHSG ini kemudian dipilih beberapa saham yang likuiditasnya paling baik dan juga kinerja dan kapitalisasi pasarnya terbaik. Namanya adalah LQ45.

Ya, saham LQ45 adalah daftar saham pilihan yang kriterinya hampir sama dengan saham blue chip yang kita sebutkan ciri-cirinya di atas.

Itu yang pertama, sekarang yang kedua adalah dari daftar saham syariah terbaik.

Kalau di IDX ada namanya saham ISSI, kepanjangan dari Indeks Saham Syariah Indonesia. Tapi ini kan indeks dari semua saham syariah. Nah, ada lagi listnya yang lebih spesifik yang paling likuid dan juga hampir sama dengan LQ45. Hanya saja ini bukan konvensional, tapi syariah.

Indeks saham yang saya maksud adalah saham JII atau Jakarta Islamic Index.

Kalau ISSI bisa terdiri lebih dari 200 saham syariah. Sedangkan JII sendiri hanya teridiri dari 30 saham pilihan yang paling likuid di bursa efek Indonesia.

Jadi kesimpulannya, kalau mau mencari saham blue chip yang mudah dan selalu uptodate, maka jawabannya ada pada indeks saham LQ45 dan JII.

Bisa dibilang, dengan hanya menggunakan dua indeks di atas, maka kita bisa selalu memperoleh saham apa saja yang aman dan layak dibeli untuk jangka waktu yang tidak terlalu lama.

Selain itu, mungkin teman-teman juga bisa selalu berkunjung ke halaman ini untuk memperoleh update dari 20 daftar saya di atas.

Hanya saja, perlu pula saya sampaikan bahwa yang namanya indeks atau rekomendasi saham pilihan apa pun itu, maka semua tidak bisa dijadikan rujukan pasti. Melainkan, hanya tambahan pertimbangan saja bagi Anda alias Disclaimer On.

Kenapa? Ya, karena semua keputusan kembali pada investor masing-masing. Untung dan rugi yang dialami akan ditanggung oleh si investor tersebut. Saya dan juga analis lainnya sama sekali tidak bertanggungjawab dengan kerugian Anda.

Di samping itu, memilih saham hanya berdasarkan rekomendasi ini dan itu, biasanya hanya akan berujung pada kerugian. Dan kalaupun terkadang benar dan bisa menghasilkan cuan, maka itu bisa jadi hanya kebetulan saja. So, apa pun alasannya, sebelum membeli saham pastikan sudah menganalisis dengan baik segala aspeknya.

Segala aspek, maksudnya rasio-rasio dari saham tersebut, seperti rasio profitabilitas, solvabilitas, aktivitas, likuiditas dan juga tak ketinggalan rasio valuasinya.

Tapi bila tidak mau repot, saya punya dua solusi untuk Anda. Yang pertama adalah Kalkulator Saham Excel. Nah, tools sederhana ini berisi 35 rasio keuangan yang bisa membantu mengetahui semua rasio yang saya sebut di atas, termasuk juga cara menilai harga wajar sebuah saham.

Solusi kedua adalah dengan membeli Video Tutorial Saham Lengkap yang sebentar lagi jadi. Isinya bisa dibilang lengkap dan bisa memandu anda bagaimana cara menganalisis saham dengan baik dan detail sehingga saham yang dipilih bisa memberikan imbal hasil yang tinggi.

Saya tidak menyampaikan di atas kalau bukan kerena pengalaman yang pernah saya alami sendiri. Di awal-awal bermain saham saya juga hanya fokus pada daftar seperti ini, dan bukan memperbanyak belajar. Dan hasilnya memang susah meniru para master yang ada. Sejak itulah saya kemdian mulai banyak belajar, entah itu analisa fundamental atau pun teknikal.

Sudah? Sudah? Yah… kalau sudah dapat Daftar Saham Blue Chip 2019 di Indonesia dan juga harganya, nah waktunya saya sekarang mengakhiri artikel ini. Pesan saya, terus belajar dan jangan menyerah walau sesekali harus rugi dari saham. Happy sharia trading!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *