Cara Mencari Data Jumlah Saham yang Diperdagangkan/Beredar di Yahoo Finance atau Laporan Keuangan

Apakah kamu mau tau data jumlah saham beredar harian dari emiten tertentu, baik itu AALI, ASII, dan semua saham di IDX? Silahkan simak langkahnya di artikel Cara Mencari Data Jumlah Saham yang Diperdagangkan atau yang Beredar di Yahoo Finance atau Laporan Keuangan

Jumlah saham perusahaan yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) tidak hanya dihitung dari total saham yang diterbitkan emiten pada saat melakukan IPO, tapi juga pada semua saham yang diterbitkan dari aksi korporasi yang dilakukan setelah IPO tersebut, diantaranya adalah setelah Right Issues.

Adapun manfaat dari mengetahui jumlah saham beredar dari laporan keuangan adalah di antaranya:

  1. Untuk mengetahui market capitalization dari perusahaan di bursa saham.
  2. Untuk menghitung dan mengetahui harga wajar dari saham tertentu, terutama pada PBV dan PERnya. Mengenai hal ini silahkan baca : Price Earning Ratio (PER) dan Price to Book Value (PBV).

Khusus untuk market cap

Langkah Cara Mengetahui Jumlah Saham yang Diperdagangkan di Laporan Keuangan

Perlu saya sampaikan juga bahwa di Yahoo Finance sebenarnya hanya menampilkan market capitalization-nya saja. Sekalipun itu dihitung dari jumlah total sahamnya juga, tapi kita tidak bisa melihatnya langsung di sana.

Maka, solusinya dan yang paling banyak dilakukan trader, termasuk saya, adalah dengan melihat langsung dari laporan keuangan terbaru dari perusahaan.

Pertanyaannya, dimana kita bisa melihat laporan keuangan terbaru dari saham tersebut?

Ya, melalui situs BEI langsung di IDX.co.id. Nah, inilah situs resmi dari BEI kalau ada dari teman-teman yang belum tau.

Dan untuk lebih jelasnya berikut saya perlihatkan langkah-langkahnya:

A. Langsung tau dari situs IDX yang Terbaru

Jadi ada berita menarik, terakhir kali saya membuka situs BEI ini, yakni tanggal 26 April 2018, ternyata sudah berubah dan lebih responsif.

cara mencari jumlah saham yang diperdagangkan di yahoo financeCaranya:

  1. Buka situs BEI: http://www.idx.co.id/
  2. Klik menu ‘DATA PASAR
  3. Kemudian di kelompok menu ‘Data Saham’ klik “Daftar Saham
  4. Lalu di kolom ‘kode‘ ketik kode perusahaan yang akan dicari. Misalnya, PTBA.
  5. Kemudian klik ‘Cari‘ di bawahnya lalu klik kode saham yang muncul, maka akan tampil hasilnya seperti gambar di atas.

B. Dari Laporan Keuangan Perusahaan di BEI

Untuk ini, kamu harus mendownload dulu laporan keuangannya di situs BEI sebagaimana disebut linknya di atas. Baru setelah itu buka file PDFnya dan lihat langsung data jumlah sahamnya.

Menurut saya, kalau anda serius ingin menganalisa maka wajib melakukan cara kedua ini. Tapi kalau hanya sekedar ingin tahu saja maka langkah pertama saja, karena bisa jadi yang pertama di atas tidak singkron dengan rilis laporan keuangan terbarunya.

Berikut langkahnya:

  1. Buka situs IDX (linknya ada di atas)
  2. Arahkan kursor di menu “PERUSAHAAN TERCATAT
  3. Pilih dan klik “Laporan Keuangan dan Tahunan“.
  4. Kemudian di kolom ‘Jenis Laporan’ centang ‘Laporan Keuangan‘ dan di kolom ‘Kode/Nama Perusahaan’ ketik kodenya lalu klik kode saham yang dicari. Misalnya, AALI.
  5. Terakhir tinggal klik ‘CARI‘. Maka akan muncul seperti gambar di bawah:

jumlah saham AALIPastikan memilih file PDF yang yang menyertakan LK/Laporan Keuangan dan periode kuartal dan tahunnya seperti yang dilingkari di atas.

Selanjutnya, di dalam file PDF laporan keuangannya, untuk melihat berapa jumlah saham yang ditempatkan dan disetor penuh maka lihat di bagian halaman ‘Ekuitas’

Sebagai contoh, saya sudah buat screenshot dari laporan keuangan LPCK berikut ini:

saham beredar lpck

Nah, ada 2 data harga saham yang ditampilkan, tapi kita tidak melihat modal dasarnya, tapi hanya saham dari Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh saja.

Demikian Cara Mencari Data Jumlah Saham yang Diperdagangkan di Yahoo Finance atau Laporan Keuangan. Jadi setelah ini anda sudah bisa tau berapa total saham yang beredar dari tiap emiten di bursa. Tentunya, untuk menganalisa sendiri saham pilihan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *