List Efek Syariah JII Terbaru 2018 – Daftar Saham Syariah Terbaik

Daftar saham syariah JII ini adalah 30 saham syariah terbaik yang dipilih dari daftar saham ISSI atau Indeks Saham Syariah Indonesia.

Sangat wajar kalau dikatakan Daftar Saham JII 2018 terbaik karena saham JII ini hanya dipilih saham dari 30 saham syariah yang memiliki market kapitalisasi terbesar dalam indeks ISSI. Selain itu, BEI juga menilai dan memilih yang memiliki tingkat likuiditas yang baik, dalam artian ramai ditransaksikan di pasar saham.

Kalau LQ45 kita katakan sebagai bagian dari daftar bluechip saham dari IHSG, nah JII ini bisa kita bilang sebagai ‘bluechip-nya efek syariah’ karena pilihan dari ISSI juga.

Jadi, kalau ada yang mencari atau bertanya apa saja saham syariah yang terbaik, maka jawabannya adalah JII ini.

Dan berikut ini adalah daftar saham JII yang bisa Anda unduh langsung. Resmi dari publikasi IDX dan bukan editan.

Daftar Saham Syariah JII

Download Disini

List saham JII di atas akan selalu diupdate. Jadi bisa jadi yang Anda unduh saat ini berbeda dengan beberapa bulan kedepannya. Jadi tetap rutin berkunjung ke sini.

Pengertian saham syariah

Sederhananya, sebagaimana telah saya jelaskan pada artikel soal perbedaan saham syariah dengan saham konvensional adalah saham yang perusahaannya menjalankan bisnisnya secara syariah dan ditransaksikan secara syariah pula.

Akan tetapi, kriteria yang lebih resminya adalah sesuai yang disebut oleh BEI berikut ini:

1. Emiten tidak melakukan kegiatan usaha sebagai berikut:

  • perjudian dan atau permainan yang mengandung unsur judi.
  • perdagangan yang dilarang menurut hukum syar’i, seperti perdagangan dengan penawaran/permintaan palsu dan perdagangan yang tidak disertai dengan penyerahan barang atau jasa.
  • jasa keuangan yang melakukan praktek riba, seperti bank berbasis bunga dan perusahaan pembiayaan keuangan berbasis bunga.daftar saham syariah jii
  • jual beli yang mengandung unsur judi (maisir) dan/atau ketidakpastian (gharar), antara lain asuransi konvensional.
  • memproduksi, memperdagangkan, mendistribusikan dan/atau menyediakan, antara lain: barang atau jasa haram zatnya (haram li-dzatihi), haram bukan karena zatnya (haram lighairihi) dan barang atau jasa yang merusak moral dan/atau bersifat mudarat.
  • melakukan transaksi risywah atau yang mengandung unsur suap.

2. Emiten memenuhi rasio-rasio finansial sebagai berikut:

  • total pendapatan bunga & pendapatan tidak halal lainnya dibandingkan dengan total pendapatan usaha dan lain-lain tidak lebih dari 10%
  • total utang yang berbasis bunga dibanding dengan total asetnya tidak lebih dari 45%.

Cara Investasi

Jika Anda masih sangat baru dalam dunia saham maka sedikit saya jelaskan bahwa cara investasi saham syariah dengan yang konvensional sama saja, yang membedakan sebenarnya cuma pada jenis akunnya saja dimana bagi investor yang hanya ingin berinvestasi di saham syariah maka akunnya juga harus yang syariah.

Mengenai caranya, silahkan baca Cara Membeli Saham Online

Umumnya, semua perusahaan sekuritas sudah memiliki dua jenis akun yang bisa dipilih tiap investor. Tentunya, bagi yang beragama Islam atau Muslim sangat disarankan tidak membuka akun konvensional agar tradingnya berkah dan halal.

Adapun dalam proses transaksinya, pemilik akun trading syariah hanya diperbolehkan membeli saham secara reguler, yakni pada saat melakukan penawaran beli, dananya sudah tersedia di akun tradingnya sehingga bisa ditarik seketika oleh pihak sekuritas setelah proses transaksinya ‘match‘ (istilah bila saham yang ditawar sudah berhasil terbeli).

Sedangkan, bagi pemiliki rekening saham konvensional mereka diperbolehkan melakukan pembelian saham secara margin atau utang yang berbunga. Dan faktanya, cara investasi seperti ini sangat beresko karena begitu sahamnya anjlok si investor akan dipaksa menjual sahamnya di harga berapa pun, istilahnya ‘margin call‘.

Jika Anda memang betul-betul baru bermain saham, sangat disarankan memahami betul bagaimana karakteristik dari dunia trading ini. Mengapa saya katakan demikian, karena banyak sekali pengalaman dari mantan trader yang berkata bahwa mereka kapok berinvestasi saham karena baru mulai sudah rugi banyak.

Sebenarnya, menurut hemat saya yang namanya pemula pasti akan rugi dulu di awal. Kenapa? karena yang dibutuhkan untuk bisa menghasilkan 2 keuntungan dari saham itu bukan hanya ilmu saja, tapi juga pengalaman. Dan bahkan pengalaman ini bisa dibilang jauh lebih penting dari ilmu di yang kita dapat di bangku kuliah soal ekonomi.

Untuk itu, sebelum terlambat, perlajari dulu 9 cara main saham yang tepat dan 7 cara mengatasi kerugian dari saham. Anda mungkin tidak bisa langsung jago setelah belajar dari kedua artikel tersebut, tapi paling tidak punya bayangan mau dibawa kemana arah trading Anda.

Selain itu mengetahui harga sesungguhnya dari saham perusahaan dengan rasio PBV dan PER akan menghindarkan investor membeli saham yang mahal.

Penjelasan soal defenisi stock syariah di atas hanya pelengkap saja dari daftar saham syariah JII yang saya share kali ini. Intinya, jika mau mencari list saham syariah yang terbaik maka disinilah tempatnya. Setiap kali ada update anda bisa mendownloadnya lagi di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *