Kode Saham Bursa Efek Indonesia (BEI): Pertamina, Jasa Marga, Djarum, Indofood dst.

Bicara soal kode saham bursa efek Indonesia, maka itu artinya terkait soal saham perusahaan terbuka yang sudah terdaftar di BEI atau di situsnya, IDX. Adapun kode saham pertamina, Jasa Marga, Djarum, Indofood dan lainnya akan anda temukan di halaman ini.

Ada juga yang bertanya, apa kode saham Gojek Indonesia dan Tokopedia?

Jawabannya sederhana: Tidak ada! titik.

Ya, kerena hingga tahun 2019-2020 ini Gojek dan Tokopedia sama sekali belum melepas sahamnya ke publik. Hanya saham yang sifatnya dijual langsung ke investor, tanpa perantaraan bursa efek.

Kurang lebih sama dengan Inalum, Indomaret, Wings Food, Nestle Indonesia, Sosro, dan JNE yang banyak dicari di internet, juga sahamnya belum dilepas ke bursa. Jadi, kalau cari langsung di situs BEI jelas tidak akan ketemu.

Berbeda halnya dengan Jasa Marga, Pertamina, Telkomsel, dan BUMN lainnya, semua memang sudah menjadi perusahaan Go-Public sehingga sudah memiliki kode saham sendiri di IDX.

Demikian juga dari perusahaan swasta seperti XL, Unilever, Djarum, MNC, Mayora, dan Indofood. Masing-masing perusahaan tersebut memang sudah terdaftar di bursa efek Indonesia.

Sedangkan terkait dengan bank nasional yang umumnya sudah kita kenal, rata-rata sudah listing di bursa, sebut saja bank BRI, Mandiri, BCA, BNI, Panin, dan sebagainya.

Hanya saja untuk bank syariah, di Indonesia, setahu saya baru ada 2 bank yang sudah go-public, yaitu bank Panin Syariah dan BRI Syariah.

Adapun bentuk dari kode saham di BEI, umumnya terdiri dari 4 huruf dengan susunan dan jenis huruf yang masing-masing berbeda. Maksudnya, tiap perusahaan punya kodenya sendiri dan tidak akan sama dengan perusahaan lain.

Kecuali bila sahamnya diterbitkan untuk tujuan lain, seperti Warran, maka biasanya di akhirnya akan ditambah huruf ‘w’, misalnya TLKMW dan lainnya.

Hingga Februari 2019 ada 620 lebih saham yang sudah bisa diperjualbelikan secara bebas di situs IDX. Tinggal bagaimana analisa fundamental maupun teknikal yang dilakukan oleh si trader.

Dari semua 620 saham tersebut tidak semua bisa kita katakan baik, karena banyak juga yang sudah masuk junk stock dimana walau valuasinya sudah sangat murah tetap saja tidak layak invest.

Dan berikut list kode yang anda cari!

Daftar Kode Saham Bursa Efek Indonesia (BEI)

Untuk lebih jelasnya, semua perusahaan tersebut kami sertakan nama perusahaannya langsung dan juga kodenya.

Sumber data ini langsung dari situs IDX.co.id sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dan anda bisa mengambil data ini sebagai rujukan.

No EMITEN KODE SAHAM
1 Astra Agro Lestari Tbk. AALI
2 Mahaka Media Tbk. ABBA
3 Asuransi Bina Dana Arta Tbk. ABDA
4 ABM Investama Tbk. ABMM
5 Ace Hardware Indonesia Tbk. ACES
6 Acset Indonusa Tbk. ACST
7 Akasha Wira International Tbk. ADES
8 Adhi Karya (Persero) Tbk. ADHI
9 Adira Dinamika Multi Finance Tbk. ADMF
10 Polychem Indonesia Tbk ADMG
11 Adaro Energy Tbk. ADRO
12 Aneka Gas Industri Tbk. AGII
13 Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk. AGRO
14 Bank Agris Tbk. AGRS
15 Asuransi Harta Aman Pratama Tbk. AHAP
16 Akbar Indo Makmur Stimec Tbk AIMS
17 Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk. AISA
18 Anugerah Kagum Karya Utama Tbk. AKKU
19 Argha Karya Prima Industry Tbk. AKPI
20 AKR Corporindo Tbk. AKRA
21 Majapahit Inti Corpora Tbk. AKSI
22 Alkindo Naratama Tbk. ALDO
23 Alakasa Industrindo Tbk ALKA
24 Alumindo Light Metal Industry Tbk. ALMI
25 Tri Banyan Tirta Tbk. ALTO
26 Asuransi Multi Artha Guna Tbk. AMAG
27 Asahimas Flat Glass Tbk. AMFG
28 Ateliers Mecaniques D Indonesie Tbk. AMIN
29 Sumber Alfaria Trijaya Tbk. AMRT
30 Andira Agro Tbk. ANDI

Total ada 620 lebih saham, silahkan lihat semua kodenya di halaman berikut ini: 620 Kode Saham di BEI

Adapun manfaat dari mengetahui kode saham yang disebutkan di atas adalah karena dalam trading saham, pada saat transaksi, yang digunakan adalah kodenya, bukan nama perusahaan yang bersangkutan.

Sehingga, mau tidak mau, seorang investor harus bisa menghapal dengan baik setiap kode unik dari saham yang akan dibeli.

Mungkin terlihat sulit menghafalkan data-data di atas, tapi berdasarkan pengalaman, kita akan mampu menghafalnya secara perlahan kalau saham tersebut sudah sering dibeli atau dijual.

Di samping itu, kode ini juga bisa mempersingkat ucapan saat menyebutkan nama perusahaan tertentu. Dan masih banyak lagi fungsinya, termasuk sebagai pengenal emiten di BEI karena begitu banyaknya saham yang sudah terdaftar.

Demikian pembahasan singkat terkait kode saham bursa efek Indonesia. Semoga membantu. Jika ada yang kurang jelas silahkan ajukan via komentar di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *