Kepanjangan dan Pengertian LQ45 dari Pakarnya

Di pasar saham Indonesia, dalam hal ini BEI dengan situsnya IDX, sebenarnya ada banyak sekali indeks saham selain LQ45. Tapi kali ini, kita akan membahas kepanjangan LQ45 dan maknanya, beserta daftar saham 2018-2019 yang termasuk di dalamnya.

Buat yang sudah belajar cara nabung saham sebenanya LQ45 ini cocok sekali untuk dijadikan rujukan dalam memilih saham untuk tujuan investasi jangka panjang.

Dengan berinvestasi dari daftar perusahaan likuid versi BEI ini bisa dibilang kita bisa beli saham kemudian ditinggal tidur, tanpa harus terus memelototi komputer sepanjang hari, sebagaimana dilakukan para growth investing.

Tapi sekalipun demikian, tetap saja semua harus dimulai dari analisa yang mendalam.

Kalau pun belum tau cara menganalisa bisa belajar dari saya langsung. Atau kadang ada juga yang belajar saja malas, ya masih ada solusinya. Apalagi kalau bukan menggunakan jasa analisa yang saya tawarkan he he.

Dan umumnya perusahaan sekuritas yang melayani sistem margin bagi para trader sejati juga menggunakan daftar saham LQ45 ini untuk membatasi membernya dalam bertransaksi. Alasannya cuma satu, yaitu guna meminimalisir resiko.

Banyak pakar saham di Indonesia, termasuk hampir semua Sekuritas, juga sepakat bahwa daftar emiten yang masuk dalam LQ45 umumnya aman ditransaksikan. Hal ini karena saham-saham tersebut umumnya dari perusahaan besar dengan fundamental yang menjanjikan.

Kepanjangan dari LQ45 dan Pengertian Menurut Para Ahli

Wikipedia sendiri mendefiniskan LQ45 dengan

“Indeks saham di BEI yang terdiri dari 45 saham yang memenuhi kriteria, di antaranya:

  1. Masuk dalam 60 perusahaan dengan nilai transaksi di bursa yang tertinggi dalam 1 tahun terakhir
  2. Masuk dalam daftar  60 perusahaan dengan market capitalization tertinggi dalam 1 tahun atau 12 bulan terakhir.
  3. Menunukkan kinerja keuangan serta prospek pertumbuhan yang tinggi
  4. Telah listing di BEI minimal 3 bulan lamanya.daftar dan kepanjangan LQ45

Namun, sebenarnya kalau yang ditanyakan apa kepanjangan dari LQ45 maka jawabannya simpel saja, yaitu:

Indeks 45 saham paling likuid (di Bursa efek Indonesia) (Zulbiadi Latief)

Perlu ditambahkan embel-embel BEI di akhirnya karena memang indeks ini khusus untuk emiten yang terdaftar di BEI. Indeks luar negeri tidak termasuk di dalamnya.

Dan dari istilah atau nama LQ45 ini sebenarnya singkatan atau penggalan dari 2 kata berikut:

LQ = Liquid

45 = Jumlah saham (yang masuk dalam indeks LQ45)

Likuid sendiri berasal dari bahasa Inggris, yaitu “liquid” yang artinya cair, encer, jernih, atau berubah-ubah.

Namun, maksud sebenarnya (secara terminologi) kata tersebut kalau digunakan dalam dunia saham adalah ‘ramai ditransaksikan’ di bursa, atau bisa juga diartikan ‘mudah diperjual-belikan’.

Ini artinya, kalau Anda membeli saham yang likuid maka kapan pun mau dijual kembali sangat mudah karena banyak yang mengicar sahamnya.

Selain itu, tipe saham likuid biasanya mudah untuk diborong sekaligus. Bedanya dengan yang tidak likuid, seperti saham second atau third liner, dimana kalau seorang investor besar ingin membeli banyak sekaligus sahamnya maka akan sangat sulit karena yang melakukan offer sangat sedikit.

Dan pada saat ingin menjual sahamnya juga demikian, dimana karena sedikit yang tertarik membelinya terkadang kita haru menjualnya sedikit demi sedikit atau bertahap.

Nah, untuk contoh saham paling likuid di bursa, seperti PGAS, ASII, TLKM dan masih banyak lagi. Kriterianya tentu bukan hanya karena ramai, tapi berdasarkan 4 poin yang disebutkan di atas.

Umumnya, saham yang likuid yang dinilai berdasarkan banyaknya volume transaksinya cenderung tidak tetap. Terkadang ada saham yang minggu ini likuid, namun dalam beberapa minggu ke depan kembali ‘mati suri’ atau sama sekali tidak ada yang melakukan offer (penawaran jual) atau pun bid (penawaran beli).

Banyak faktor yang mempengaruhi sebuah saham bisa berubah dari tidak likuid menjadi likuid, atau sebaliknya. Di antaranya adalah karena laporan keuangan terbaru yang dirilis perusahaan tersebut. Bila ternyata mampu menghasilkan laba yang maksimal, maka biasanya saham yang berbulan-bulan sepi bisa langsung ramai diperjual-belikan di bursa.

Hanya saja, kalau kita bicara soal LQ45, contoh di atas tidak bisa serta merta masuk dalam daftarnya karena ada kriteria khusus yang telah ditetapkan oleh BEI.

Lalu, mengapa indeks yang dibuat oleh BEI tersebut hanya 45, bukan 50, 100, atau jumlah genap lainnya? Ya, memang karena yang mau dikelompokkan hanya 45 saham saja.

Jawaban di atas memang tampak kurang ilmiah. Tapi kalau ditanyakan jumlahnya, misalnya maunya LQ100, maka solusinya sebenarnya ada juga, yaitu dengan merujuk ke indeks Kompas100.

Kompas100 sendiri adalah indeks saham di BEI juga yang kurang lebih sama dengan LQ45 tersebut, hanya saja jumlahnya pas 100. Selain itu, yang membuat indeksnya dari pihak Kompas sendiri.

Dan khusus untuk LQ45 yang menerbitkan daftanya dari pihak Bursa Efek Indonesia sendiri, atau yang sering dikenal dengan IDX juga.

Dalam melakukan pemantauan dan update dari LQ45 ini, tim divisi penelitian dan pengembangan (Litbang) dari BEI melakukan penghitungan setiap 6 bulan sekali, tepatnya bulan Februari dan Agustus.

Nah, hasil dari pengamatan dari tim tersebut kemudian dipublikasikan di situs resminya, yaitu IDX.co.id, kemudian digunakan oleh berbagai situs sebagai bahan informasi untuk trader, termasuk di dalamnya Analis.co.id juga.

Indeks dan Daftar Saham LQ45 2018 Hari Ini

Kalau Anda mencari info soal LQ45 sebenarnya ada 2 layanan yang anda butuhkan, yaitu:

A. Indeks

Umumnya indeks ini lebih mengarah pada grafik harga terbaru dari keseluruhan saham yang masuk dalam kelompok LQ45.

Karena dia adalah grafik maka bentuknya harus harga real time saat ini. Misalnya saja, mau tau berapa harga indeks LQ45 tanggal 8 Maret 2018 maka harus cek langsung ke tools atau widget khusus untuk itu.

Indeks juga terbagi dalam dua jenis, ada yang berdasarkan sektor dan ada pula berdasarkan brand yang mengelompokkan saham tertentu, seperti Kompas100, Bisnis27, Pefindo25 dan lainnya.

Kebetulan sekali, Analis.co.id sudah menyiapkan toolsnya.

B. Daftar Terbaru

Daftar berarti ‘apa saja saham yang masuk dalam kelompok LQ45’. Jadi ini bukan lagi bicara soal harganya, tapi hanya nama-nama sahamnya saja.

Karena biasanya BEI melakukan rilis berkala, maka investor wajib tahu daftar terbarunya. Kadang tiap bulan ada saham yang keluar dan ada pula yang baru masuk dalam daftarnya. Tergantung dari volume transaksinya dan fakto lain yang telah disebutkan di atas.

Alhamdulillah sudah bisa berbagi dengan tulus hari ini. Saya pribadi berharap semoga info soal kepanjangan lq 45 dan pengertiannya di atas bermanfaat. Termasuk  indeks dan daftar saham LQ45 yang anda unduh di halaman selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *