5 Cara Mencari Harga Saham Penutupan di IDX. Via Laporan Keuangan??? Salah Besar!

Bagi seorang pemula yang baru belajar bermain saham, wajib tau bagaimana cara mencari harga saham di laporan keuangan atau pun harga saham penutupan di IDX yang update harian.

Menurut kamu kira-kira apa yang salah dengan kalimat di atas? Bingung kan, baru awal sudah saya kasi teka-teki?

Ya, kalimat pertama di atas ada yang salah. Sengaja saya tuliskan karena banyak newbie yang mencari di Google kalimat tersebut.

Yang jelas, dalam laporan keuangan perusahaan sama sekali tidak ditampilkan harga saham perusahaanya.

Kenapa? Karena harga saham sifatnya fluktuatif dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sedang setiap perusahaan di BEI hanya diwajibkan mem-publish laporan keuangan perusahaannya sekali tiap kuartal atau 3 bulan sekali.

Lalu dimana menemukan harga saham terbaru dari tiap emiten yang terdaftar di situs IDX? Jawabannya akan kita bahas di bawah.

Sebelum masuk ke materi inti, Anda harus tau dulu apa defenisi dari stock / share (bahasa Inggrisnya saham) itu sendiri.

“Saham adalah surat berharga, atau (saat ini) nilai dalam bentuk digital, yang mewakili kepemilikan seorang investor pada suatu perusahaan.” (Zulbiadi Latief)

Cara Mencari Harga Saham Penutupan di IDX

Sebenarnya di atas hanya judul saja, tapi yang sebenarnya caranya bukan hanya dari IDX, bisa dari berbagai sumber dan situs.

Selain itu, harga yang ditampilkan bukan cuma penutupannya, tapi real time perubahannya di tiap detik.

Dalam artikel ini akan menjawab pertanyaan teman2 Analis soal bagaimana cara menghitung jumlah saham, cara menghitung berapa harga saham biasa yang beredar dan lain sebagainya

Berikut adalah beberapa tempat cara menemukannya:

1. Harga Saham di Analis.co.id

Dari tautan di atas kamu akan masuk ke halaman widget yang menyajikan data harga saham real time.

Caranya cukup ketikkan kode sahamnya kemudian cari berapa closing price terakhirnya di IDX dengan mengklik icon kaca pembesar di sampingnya.

Dan karena tools yang disajikan update secara otomatis, maka harga terbaru yang disajikan bukan hanya dari harga penutupannya, tapi juga perubahan harganya di tiap menit perdagangan di bursa, bahasa kerennya real time.

Selain itu, kamu juga bisa tau saham paling untung hari ini dan saham yang anjlok atau rugi hari ini. Sehingga, kamu bisa mengetahui secara pasti pergerakan harga seluruh saham di BEI.

Baca juga: Minimal Beli Saham per Lot

2. Beli Data Closing Price 7 Tahun Terakhir

Kalau di atas dengan mengecek satu per satu harganya, kalau di jenis yang kedua ini lain lagi. Ya, anda cukup beli data closing price dari saya langsung.

Bentuknya file excel yang sudah diolah dan sudah dihitung return-nya masing-masing, mulai dari tahun 2011 sampai tahun 2017. Total ada 607 emiten.

Selain itu, datanya juga sudah diurutkan berdasarkan waktu IPO sahamnya, dimana yang lebih dulu IPO berada di posisi atas.

Jika tertarik silahkan kontak:

WA: 089 563 4422 166

Harga Rp.150.000

3. via Google

Ya, sebenarnya ini cara mudah menemukan harga saham semua perusahaan yang resmi terdaftar di OJK maupun BEI.

Perhatikan gambar di bawah saat saya mencari harga saham PTBA:

cara mencari harga saham

Caranya simple sekali, cukup ketik IDX:KODE SAHAM maka akan langsung muncul grafik harga saham hariannya secara default. Kode saham maksudnya begini, misal kamu mau cari harga saham PGAS, maka ketikkan IDX:PGAS

Biasanya, kalau kode saham yang mau kamu cari harga sahamnya di Google bukan dari susunan 4 huruf yang lazim atau ada samanya dengan kata lain, maka langsung ketikkan saja kodenya tanpa tambahan IDX sebelumnya.

Contohnya di atas, karena kode saham PTBA bisa dibilang hanya mewakili perusahaan PT Bukit Asam Tbk. maka langsung saja ketik PTBA tanpa IDX: maka grafik harga sahamnya akan langsung tampil.

Berbeda kalau kamu mau mengetikkan harga saham PT. Bumi Resources Tbk. maka tidak bisa langsung mengetik kode BUMI tanpa IDX: sebelumnya, karena kata tersebut maknanya bisa berarti planet bumi yang kita tempati.

Mengerti kan maksudnya?

Kalau sudah mengerti cari tau cara ketiga di bawah.

Baca dulu: Pengertian Dividen

4. Lewat Yahoo Finance

Kalau lewat widget yang disedikan yahoo ini lebih lengkap lagi karena langsung menampilkan grafiknya, baik itu harian, bulanan dan tahunan.

Salah satu kekurangan dari tools Yahoo tersebut adalah karena loadingnya yang kadang lambat banget. Jadi butuh kuota data yang maksimal untuk mengaksesenya.

Berikut adalah tampilan pengecekan harga saham LPCK:

data harga saham lpck

Adapun langkahnya:

  1. Ketik di browser alamat ini: https://finance.yahoo.com/quote/
  2. Kemudian ketik kode sahamnya pelus “.jk” dibelakangnya, misalnya mau nyari harga saham LPCK, maka ketik di kolom pencarian kode LPCK.JK maka akan langsung muncul sederetan saham yang menggunakan kode tersebut, termasuk saham LPCK yang listing di luar negeri. Tapi, kamu harus klik yang ada JKnya, yaitu LPCK.JK.
  3. Setelah diklik maka akan langsung muncl haga sahamnya yang terbaru, termasuk berapa persen dan poin penurunannya hari itu.

Jika mau menampilkan grafik berdasarkan hari, bulan atau tahunnya maka klik salah satunya apakah 1D, 5D, 1M dan seterusnya seperti yang saya tandai dengan linkaran merah dan tanda panah pada gambar di atas.

5. Mengetahui harga saham dari akun Sekuritas

Semua pasti sudah paham apa itu perusahaan sekuritas dan fungsinya kan? Kalau belum baca langsung artikelnya dari tautan tersebut.

Jadi perusahaan sekuritas ini adalah perusahaan yang mempunyai peran sebagai pialang atau broker untuk para investor yang ingin trading saham di BEI. Jadi tidak bisa langsung ke BEI kalau mau beli saham, harus lewat perusahaan sekuritas tersebut.

Nah, jika kamu sudah melewati langkah cara membeli saham di artikel yang lalu yang mana di dalamnya juga disebutkan step by step membuat akun di perusahaan sekuritas, maka kamu tinggal login ke akun sekuritasmu.

Caranya, kalau misalnya kamu menggunakan layanan dari Mandiri Sekuritas, maka langsung saja ketik menu ‘Trade‘ yang ada di menu atas (lihat lingkaran merah gambar di bawah), kemudian di samping kanan di bagian kolom ‘Stock search’ ketik kode sahamnya lalu klik ‘GO‘ maka akan langsung muncul harga real time-nya.

Gambar di bawah akan menjawab rasa penasaranmu soal bagaimana caranya (khususnya gambar yang ditandai angka 2 di bawah):

cara membeli saham online

Apa yang ditampilkan di gambar di atas, di bagian yang ditandai dengan angka 3, adalah harga penawaran jual (offer) dan penawaran beli (bid) yang tertinggi di detik itu juga.

Coba perhatikan bagian yang ditandai angka 3 di gambar di atas.

Offer tertinggi untuk saham PGAS adalah 2600, sedang harga bid tertinggi adalah 2590. Maka, jika kamu mau menjual sahammu dan cepat dibeli investor lain maka kamu harus melakukan offer dengan harga 2600 tersebut, dan bila ingin langsung dibeli (istilahnya ‘match’) maka kamu bisa langsung melakukan offer di harga Rp2.590 tersebut.

Demikian juga, jika mau membeli saham PGAS dan bisa cepat berhasil mendapatkan sahamnya maka kamu harus melakukan bid di level Rp2.590 per lembar tersebut. Tapi, bila mau langsung laku detik itu juga, maka kamu bisa beli di harga Rp2.600 langsung dan dijamin sahamnya akan langsung berpindah ke akunmu.

Jadi seperti itu maksudnya offer dan bid dalam trading saham.

Kayaknya 5 cara di atas sudah lebih dari cukup.

Dan kalau ada yang bertanya bagaimana rumus menghitung harga saham penutupan?

maka itu sebenarnya pertanyaan yang salah karena yang seperti itu tidak ada rumusnya. Tapi langsung cek harganya saja sesuai empat langkah yang saya berikan di atas.

Dan adapun soal jumlah saham yang beredar atau diperdagangkan, maka untuk menemukannya harus download dulu laporan keuangan perusahaannya di IDX baru bisa tau.

Lebih tepatnya, jumlah saham perusahaan ditampilkan di bagian laporan Ekuitas perusahaan pada bagian “Modal ditempatkan dan disetor penuh”.

Sudah ya ulasan cara mencari harga saham di laporan keuangan dan penutupan di IDX ini. Sekalipun ini kalimat yang keliru karena harga saham tidak ada di LK perusahaan, yang jelas rasa penasaran kamu sudah terjawab. Selamat trading syariah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *