Cara Menghitung YoY, QoQ, MoM, Ytd, Mtd – Contoh Year over Year, Base Year to date…

Sebenarnya ini terkait soal penyampaian perusahaan ke publik atau pun gaya media umumnya dalam memberitakan kondisi keuangan perusahaan atau pun negara di waktu tertentu. Mengenai cara menghitung YoY, QoQ, MoM, Ytd akan dijelaskan dalam bentuk excel atau paling tidak rumus sederhananya, sedangkan contoh Year over Year dan basis perbandingan lainnya (Year to date dll…) akan dijelaskan dalam contoh yang sederhana.

Dengan memahami dengan baik maksud penggunaan istilah ekonomi ini, dapat memudahkan seseorang memahami interpretasi dari sebuah pemberitaan atau pernyataan resmi perusahaan terhadap kinerjanya, khususnya bagi para trader saham yang akrab dengan kebiasaan analisis fundamental saham maupun membaca berita ekonomi harian.

Baik penggunaan istilah year over year atau pun Quarter over Quarter dan lainnya, semua ditujukan untuk memudahkan pembicara atau penyaji berita dalam menunjukkan tingkat pertumbuhan atau penurunan kinerja keuangan dalam bentuk perbandingan antara periode saat ini dengan periode sebelumnya.

Arti, Kepanjangan dan Contoh YoY, Mom, QoQ, Ytd

 

cara menghitung yoy mom qoq ytd mtd

Pada dasarnya, istilah trading saham ini digunakan untuk memudahkan dan menyingkat pengungkapan tingkat pertumbuhan atau pun penurunan kinerja suatu perusahaan dalam bentuk persentase.

Ytd. misalnya, singkatan ini digunakan untuk memudahkan penyebutan bahwa hingga hari ini kinerja keuangan perusahaan tertentu sudah naik sekian persen terhitung mulai awal tahun. Kan lebih enak nyebut Ytd. dari pada nyebut panjang lebar dalam kalimat yang panjang?

Di samping itu, dalam hal penulisan, penggunaan YoY, QoQ dan lainnya akan lebih simpel dan tidak memakan banyak space kertas maupun layar. Sehingga, pembaca pun akan dimudahkan memahami tulisan yang dibuat si penyampai laporan tersebut.

Mari simak kepanjangan dan contoh dari masing-masing istilah tersebut!

YoY (Year over Year)

YoY didefinisikan sebagai perbandingan data keuangan dalam periode satu tahun dibanding setahun sebelumnya. Perbandingan ini boleh pada bulan atau kuartal apa saja, selama itu genap dalam hitungan setahun.

Contoh:

Di Amerika Serikat, GDP pada Q1 2020 tumbuh sebesar 3,1% dibandingkan dengan Q1 2019. Nah, istilah yang tepat digunakan adalah GDP US tumbuh 3,1% YoY di kuartal 1 2020.

Pada contoh di atas, sekalipun menggunakan perbandingan antara kuartal, yakni kuartal 1 tahun 2020 dengan kuartal 1 tahun 2019, tetap saja istilah perbandingan yang dipakai adalah YoY karena menggunakan basis satu tahun.

MoM (Month over Month)

Hampir sama dengan YoY, hanya saja MoM ini membandingkan nilai penurunan atau peningkatan angka pada dua periode dalam range satu bulan, yakni antara bulan saat ini dengan bulan sebelumnya.

Misal disebutkan, posisi kas dan setara kas perusahaan pada bulan Desember naik 3% MoM.

Maka, nilai kenaikan 3% yang dimaksud pada contoh di atas adalah nilai kenaikan dari bulan November sebelumnya, hingga bulan Desember tersebut. Cukup jelas kan?

QoQ (Quarter over Quarter)

Q0Q adalah perbandingan antara kuartal sebelumnya dengan kuartal saat ini.

Jadi misal sebuah emiten membuat pemberitaan bahwa penjualan bersihnya pada kuartal ketiga tumbuh 35% QoQ, maka itu artinya penjualan pada kuartal ketiga tahun ini meningkat sebanyak 35% dibandingkan dengan penjualan pada kuartal kedua tahun ini.

Jadi jarak periode untuk penggunaan istilah QoQ ini adalah dalam kurun waktu 3 bulan dengan kuartal sebelumnya karena laporan keuangan dipublikasikan per kuartal atau 3 bulan sekali.

Contoh lainnya, kinerja PT. Astra Internasional tumbuh 5% QoQ di kuartal 1 tahun 2020. Ini berarti bahwa terhitung sejak kuartal 4 2019 hingga kuartal 1 2020 kinerja Astra naik 5%.

Ytd (Year to date).

Artinya adalah periode atau range waktu yang dihitung mulai dari awal tahun berjalan (baik tahun kalender atau tahun fiskal) dan berlanjut hingga hari ini.

Contohnya, hingga bulan Agustus 2021 ini, saham MYOR naik sebesar 19% Ytd. Ini berarti dihitung mulai awal tahun 2021 hingga bulan Agustus 2021, saham MYOR telah mengalami kenaikan sebesar 19%.

Ada lagi istilah lain, yaitu Mtd. Kepanjangan dari Month to date atau Month to day.

Memahami pengertiannya, simak dalam bahasa Inggris berikut ini:

“the period starting from the beginning of the current month up until now… but not including today’s date, because it might not be complete yet.”

Yaitu periode yang dihitung mulai dari awal bulan pada saat ini hingga saat ini. Akan tetapi, waktu pada hari ini tidak dihitung atau tidak termasuk di dalamnya karena kemungkinan belum sempurna sehari.

Bagaimana cara menghitung atau rumus YoY, Ytd, QoQ dan lainnya?

Sebenarnya ini sederhana sekali, sama saja dengan menghitung return saham. Hanya dengan pengurangan dan pembagian saja.

Ri,t = (Pi,t – (Pi,t-1)) / (Pi,t-1)

Atau rumus sederhananya yang mudah dipahami:

R = (Return saat ini – return sebelumnya) / Return sebelumnya

Nah, seperti itu juga rumus kalau mau mencari nilai Y0Y dan lainnya.

Contohnya kalau kita menghitung basis Quarter over Quarter (QoQ), misal laba bersih kuartal 1 Telkom pada 2019 Rp6,224 triliun, sedangkan pada kuartal 2 2019 naik menjadi Rp8,698 triliun. Nah, untuk mengungkapkan nilai dari basis QoQ nya, maka caranya kita hitung seperti ini:

QoQ TLKM pada Q1 sampai Q2 adalah

= (Rp8,698 triliun – Rp6,224 triliun) / Rp6,224 triliun

= Rp2,474 triliun / Rp6,224 triliun

= 39%

Jadi laba bersih PT. Telkom pada kuartal 2 naik 39% QoQ. Maksunya laba bersih TLKM pada kuartal 2 saat ini, dibanding dengan kuartal 1 sebelumnya, naik sebanyak 39% atau 0,39 kali.

Bisa dibilang, tujuan kita belajar apa itu kepanjangan dan arti Year over Year, Year to Date, Quarter over Quarter, Month over Month dan serta cara menghitung YoY, QoQ, MoM, Ytd, Mtd dan basis perhitungan lainnya yang sejenis adalah untuk mengetahui tingkat growth rate dalam perubahan periode tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *