Return Saham Bulanan/Tahunan: Daftarnya & Cara Menghitung dengan Excel

Artikel soal daftar return saham 2011, 2012, 2013, 2014, 2015, 2016, 2017 ini sekalian membahas cara menghitung return saham bulanan dengan excel maupun secara harian & tahunan. Mengukur atau pun mencari nilai dari return saham di laporan tahunan perusahaan harus dikalkulasi sendiri karena di IDX maupun Yahoo Finance tidak disediakan.

Bicara soal return maka kita bicara soal hasil atan penghasilan dari saham. Nah, cara melihat return saham tahunan dengan Excel ini untuk mengetahui seberapa besar keuntungan yang diperoleh investor dari bermain saham.

Saya pribadi memposting ini karena banyaknya yang menanyakan atau pun mencari soal ini di internet. Hanya saja, ada 4 jawaban saya kira yang bisa menjawab pertanyaan teman-teman soal profit dari saham ini. (Penjelasannya di bawah)

Kalau dikatakan bahwa main saham itu untungnya banyak, ya betul. Tapi, itu juga kembali ke pengalaman dari masing-masing investor. Jika ia mau banyak belajar dan menimba pengalaman sebanyak mungkin maka itu bisa terjadi.

Hanya saja, kata banyak pengamat investasi, bahwa dari 10 orang yang trading saham hanya 2 yang bisa bertahan setelah 5 tahun kemudian.

Contoh nyata dari investor saham yang sukses meraih pendapatan berkali-kali lipat adalah siapa lagi kalau bukan Warren Buffett.

Ada satu pelajaran penting yang bisa kita tarik dari quote Warren Buffett, sebagaimana ia berkata: “Be greedy when others are fearful, and fearful when others are greedy!

Sederhananya bisa diartikan: “Serakahlah ketika orang lain takut, dan takutlah ketika orang lain serakah.” Inilah salah satu strategi Investasi yang terbukti mampu menghasilkan imbal hasil yang tinggi dari saham.

Maksudnya, saat para trader menghindari saham tertentu hanya karena sentiment negative yang tidak jelas, maka belilah saham tersebut (selama fundamentalnya bagus dan valuasinya murah).

Atau sebaliknya, jika trader lainnya berbondong-bondong membeli saham karena sedang dilanda sentiment positif, maka jauhilah saham tersebut jika memang harganya mahal dan fundamentalnya jelek. Mengenai ini anda wajib baca 2 artikel berikut:

Perkenalannya soal hasil dari saham kayaknya sudah cukup, mari kita bahas lebih lanjut.

Jika yang anda cari adalah…

DATA RETURN SAHAM BULANAN / TAHUNAN DARI CLOSING PRICE SAHAM YANG ADA DI BEI

Silahkan hubungi saya di nomor ini:

0895634422166 (WA)

 

Keterangan data:

  • Berbentuk file excel
  • Berisi semua saham di BEI
  • Data return saham bulanan dari bulan Januari 2013 sampai Desember 2017 (harga Rp150.000)
  • Data return saham tahunan dari tahun 2009 sampai tahun 2017 (harga Rp100.000)

Jangan lupa sertakan nama dan jelaskan maksud data yang dicari jika menghubungi via WA dari nomor di atas.

Pengertian Return Saham Menurut Para Ahli

Ahli maksudnya yang sudah lama berkecimpung di dunia trading saham. Dan soal apa yang anda cari soal maksud income atau profit dari saham sudah saya rinci apa saja maksudnya.

Di antara kemungkinan soal maksud return yang anda cari adalah:

  1. Return saham dengan menghitung selisih dari closing price di tahun atau bulan tertentu dengan closing price di tahun atau bulan tertentu sebelumnya. Ini sesuai dengan yang ditawarkan di atas dan di bawah artikel ini.
  2. Return real dari tiap emiten. Jadi ini akan menghitung pendapatan dari kenaikan tiap saham dalam hitungan tahunan, bulanan, atau pun harian. Dan inilah yang fokus kita bahas di artikel ini. Tentunya yang erat kaitannya dengan 2 Penghasilan dari Saham, dalam hal ini Dividen an Capital Gain.
  3. Perkiraan pendapatan yang mungkin didapat jika membeli saham perusahaan. Mengenai ini saya akan tunjukkan kemungkinan keuntungan yang didapat dari saham bila bisa menghasilkan 15%-30% per tahun. Soal ini akan saya berikan hitungannya dalam file excel juga.
  4. ROA dan ROE, karena masing-masing singkatan dari Return on Asset dan Return on Equity. Soal ini juga sudah dibahas sebelumnya, silahkan kunjungi tautannya saja.
  5. EPS, karena singkatan dari Earning per Share. Mengenai ini silahkan baca selengkapnya di artikel yang sudah saya publikasikan di laman ini: Cara Menghitung EPS Saham

Itulah 4 maksud dari return yang mungkin anda cari, tapi jenis yang pertama adalah yang paling pas mewakili maksud dari return saham yang sebenarnya.

Selanjutnya, maki kita jelaskan cara perhitungannya.

Tapi sebelum menjelaskan panjang lebar maksud dari defenisi yang pertama di atas, ada baiknya kalau saya cerita sedikit soal pengalaman saya soal untung rugi dari saham selama aktif sebagai trader sekaligus analis saham syariah di pasar saham.

Awal berinvestasi saham saya juga teriming-iming dengan profil kesuksesan dari Warren Buffett karena konon beliau berhasil menjadi investor saham sukses – bahkan pernah dinobatkan sebagai orang terkaya no #1 di jagat raya ini – hanya dari modal $100 saja.rumus cara melihat return saham di idx

Faktanya, memang betul untung berlipat-lipat dari saham itu bisa terjadi karena banyak saham yang bisa naik beberapa kali lipat hanya dalam hitungan bulan. Hanya saja, perlu ditekankan bahwa untuk bisa sampai ke level ‘jago’ alias ahli dalam berinvestasi saham, maka setiap orang harus punya yang namanya ilmu dan pengalaman.

Ilmu saja, sekalipun dari jurusan ekonomi, saya yakin ia tetap akan mengalami kerugian juga.

Jadi, menurut saya pengalamanlah yang paling menentukan seseorang bisa berhasil memperoleh return 15-30% per tahun sebagaimana trader berpengalaman umumnya.

Yang menjadi persoalan banyak investor pemula adalah mereka kebanyakan stop trading di tengah jalan hanya karena sering rugi di awal bermain saham.

Padahal, menurut yang saya alami, rugi yang sering kita alami di awal karir bermain saham itu sebenarnya sesuatu yang lumrah dan bahkan hampir semua trader pemula yang sudah ahli saat ini juga pernah melewati masa-masa seperti itu. Dan sebenarnya, itu bukannya sesuatu yang negative, bahkan hal yang sangat positif karena dari situlah kita bisa dapat ilmu dan pengalaman langsung.

Bahkan pendapat yang lebih ekstrim, saya sering katakan kalau sekiranya ada trader pemula yang sering rugi di awal dengan dana yang masih sedikit malah itu hal yang sebaiknya dan seharusnya ia alami.

Kenapa? Ya, karena jika ia sudah memiliki modal yang besar nantinya ia akan lebih berhati-hati dan terasah otaknya untuk mengambil keputusan yang pas di tiap keputusan membeli maupun menjual saham.

Menurut hemat saya, seorang trader baru bisa dikatakan punya pengalaman yang cukup dalam dunia saham kalau dia sudah aktif di pasar saham antara 2 sampai 3 tahun. Kurang dari itu saya kira masih di level newbie.

Rumus Cara Menghitung Return Saham Tahunan Dengan Excel Lengkap

Untuk melakukan perhitungan ini maka dibutuhkan data pasti soal harga saham tiap perusahaan saat pertama kali IPO /  Penawaran Umum Perdana dengan harga sahamnya saat ini.

Soal bulanan atau pun harian tentu dari hasil pembagian return tahunan yang sudah didapat. Jadi awalnya harus cari dulu berapa hasil per tahunnya baru kemudian di breakdown ke harian atau pun blunan.

Dan berikut ini formula perhitungannya: (jika telah terjadi stock split)

Return Saham = (Harga Saham Saat Ini – Harga Terendahnya (yang dikalkulasi dari harga tertinggi sebelum Stock Split) / Harga Terendahnya

Rumusnya jika belum pernah terjadi stock split:

R = (Harga Saham Saat Ini – Harga IPO) / Harga IPO

Soal bagaimana cara menghitungnya dengan excel, silahkan baca di penjelasan soal data return di bawah.

Pertanyaannya, kenapa saya tidak menghitung dari harganya saat pertama kali IPO? Ya, karena teori nya yang namanya saham sering kali melakukan stock split jika harga sahamnya sudah terlalu tinggi, sehingga jika berpatokan dari harga IPOnya maka kemungkinan akan sulit menemukan persentase keuntungannya.

Contoh sederhanya, saham MYOR pada saat awal listing setelah IPO dimulai dengan harga Rp9.300 per lembar, dan saat ini di 2018 harganya Rp2.690.

Kalau kita tidak jeli maka mungkin akan mengatakan kalau sahamnya turun dan merugikan investor, tapi nyatanya tidak karena MYOR sendiri sudah melakukan stock split (pemecahan harga saham) beberapa kali, dan terakhir pada 5 Agustus 2016 dari harga awal Rp39.700 menjadi Rp1.655.

Itu artinya, kalau berpatokan dari harga IPOnya akan sulit menilai berapa return dari saham MYOR tersebut.

Dan kalau pun kita mau menghitung secara manual beberapa kali ia stock split dan harga tertingginya setiap sebelum stock split maka akan sangat sulit. Lagian kalau 500 saham lebih yang akan dihitung manual seperti itu akan butuh waktu yang lama sekali.

Jadi solusinya adalah dengan melakukan penyesuaian antara harga tertinggi yang pernah dicapai dengan harga terendah yang seharusnya didapat dari MYOR tersebut.

Itulah sebabnya, di data return saham yang saya buat harga terendah MYOR bisa sampai hanya Rp8 (delapan rupiah) per lembar saja. Dan ini juga yang dilakukan banyak tools dari situs besar soal saham.

Selanjutnya, untuk menentukan hasil tahunannya maka cukup bagi berdasarkan jumlah tahunnya mulai dari tanggal IPOnya hingga tanggal penghitungannya saat ini.

Contoh Return Saham: (tanpa hitungan stock split)

Diketahui:

PT. Waskita Beton Precast Tbk. IPO pada tanggal 20-Sep-2016 dengan kode saham WSBP, dimana harga saham PT Waskita Beton Precast Tbk pada saat pertama kali IPO adalah Rp490 per lembar.

Adapun harga saham WSBP saat ini, yakni per tanggal 5 Juli 2018, adalah sebesar Rp356 per lembar.

Pertanyaannya:

Berapakah return per tahun, per bulan, dan per hari yang didapatkan oleh seorang investor jika ia membeli saham PT. Waskita Beton Precast Tbk pada saat IPO tersebut dan tidak menjualnya hingga saat ini (tanggal 5 Juli 2018)?

Jawabannya:

= (Harga Saham Saat Ini – Harga IPO) / Harga IPO

= (Rp356 – Rp490) / Rp490

= -27,35%

Jadi trader saham yang trading di saham WSBP dan membelinya saat pertama kali IPO tidak mendapatkan return, tapi rugi sebesar -27,35%.

Kalau misalnya si investor tersebut membeli saham WSBP sebanyak 1000 lot (Baca: Jumlah per Lot Saham) yang senilai Rp49.000.000 maka sama halnya ia telah rugi sebanyak 13 Juta lebih.

Data Return Semua Saham di BEI untuk Penyusunan Skripsi, Makalah, Disertasi dll.

Sehubungan dengan banyak yang mencari data penghasilan dari saham maka saya juga telah membuat hitungannya untuk semua saham yang ada di BEI / IDX.

Hanya saja, mohon maaf karena membuat dan mengumpulkan data ini tidak mudah jadi saya menjual datanya untuk siap saja, termasuk anda yang sedang menyusun skripsi dan lainnya.

Jika tertarik silahkan hubungi saya via kontak yang tertera di footer blog ini atau di menu atas. Atau bisa juga via WA di 089 563 4422 166

Jadi, yang akan anda dapatkan dari data ini adalah

  1. 1 file excel berisi daftar perusahaan yang telah terdaftar di BEI beserta dengan kode sahamnya juga.

  2. Perubahan harganya dari bulan ke bulan atau tahun ke tahun di tiap closing price-nya. Sesuai dengan jenis data yang anda minta, apakah dari closing price bulanan atau tahunan.

  3. Waktu IPO-nya. Diurutkan dari yang paling lama.

  4. Total return dari tiap saham dalam hitungan persen (anda bisa lihat rumusnya langsung dari hasil perhitungannya)

  5. Return per hari, per bulan dan per tahun dari total return saham tersebut dan anda bisa lihat juga bagaimana rumusnya dengan kalkulasi tanggal terendah dan tanggal tertingginya.

  6. Tendensi pusat dari data tersebut, baik return minimum, maksimum dan rata-rata returnya.

Sekian artikel soal rumus Rumus Cara Menghitung Return Saham Bulanan Dengan Excel Lengkap serta kalkulasi bulanan dan hariannya, juga data return saham 2011, 2012, 2013, 2014, 2015, 2016, 2017 yang banyak dicari oleh mahasiswa yang akan menyusun makalah atau pun skripsi soal ekonomi. Intinya, anda tidak perlu mencari, mengukur, melihat atau apalah itu, tinggal ambil saja hasil perhitungannya sama saya.

One thought on “Return Saham Bulanan/Tahunan: Daftarnya & Cara Menghitung dengan Excel

  1. Maaf sebelumnya boleh gak di buat semacam nama2 saham dan beserta kode saham nya dari 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12 bulan agar bisa mengetahui pergerakan nya perbulan. Dan juga kalo ada yg dividen nya agar bisa kita tau yg mana nilai dividen nya. Contoh yg saham perbulan jadi bisa di klik 1-5 or 1-8 dan seterusnya nya jadi pas di cari data nya lebih gampang di cari nya, itu aja yg saya sampaikan. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *