Sekuritas Terbaik 2019 di Indonesia, soal Fee Trading & Deposit Rendah dll, Ini Dia!

Dari pada bahas yang rumit melulu, mending sekarang kita bahas apa saja perusahaan sekuritas terbaik 2019. Kira-kira sekuritas terbaik di Indonesia siapa saja, apakah yang fee tradingnya rendah, nasabahnya lebih banyak atau jumlah transaksinya bejibun? Nah, mari kita ulas!

Sederhanya, perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang bergerak di bidang pialang atau perantara dalam perdagangan efek, baik itu saham, obligasi, reksadana dan instrumen investasi lainnya.

Sebenarnya kalau dikatakan apa saja kriteria sebuah perusahaan pialang saham yang baik, maka bisa kita jawab dalam berbagai sudut pandang. Tapi, kebetulan artikelnya sudah di bahas sebelumnya, cek di sini: Tips Memilih Perusahaan Sekuritas.

Selain itu, standarnya sebenarnya bisa kita tetapkan sendiri. Jadi tidak perlu dari review pihak lain.

Maksudnya? Jadi begini. Kalau kamu mau memilih yang terbaik maka pilihlah yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Misalnya saja, kamu masih pemula bermain saham dan masih memiliki sedikit modal maka bisa bisa mulai dari sekuritas yang fee tradingnya rendah. Jadi tidak perlu kumpul duit banyak dulu baru bisa investasi saham.

Atau misalnya, anda butuh yang aman yang tujuannya untuk investasi saham jangka panjang, maka saran saya pilihlah yang sudah lama berdiri. Akan lebih bagus lagi kalau dari perusahaan ‘plat merah’.

Perusahaan plat merah maksudnya yang dikelola oleh instansi BUMN. Di antara yang saya maksud adalah seperti Mandiri Sekuritas (Most.co.id) atau BNI Sekuritas.

Dan bisa juga dari kriteria lain yang mungkin sangat sesuai dengan kebutuhanmu, misalnya yang layanan costumer servicenya paling ramah, yang tools tradingnya komplit, yang ada pelatihan gratisnya, ada rekomendasi saham yang layak invest setiap hari melalui grup dan lain sebagainya.

Intinya, apa pun itu fiturnya, pastikan pilih yang paling sesuai dengan karakter investasi anda. Dan selanjutnya, lakukan uji coba beberapa bulan dan baru setelah itu coba menggunakan layanan lainnya.

Oke, sekarang mari kita lihat mana saja perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia yang bisa jadi pertimbangan teman-teman.

Sekuritas Terbaik 2019 di Indonesia

Seperti saya sampaikan di atas bahwa sebenarnya kalau mau tepat memilihnya maka usahakan yang sesuai dengan keinginan. Nah, untuk itu saya kelompokkan berdasarkan kriteria berikut ini:sekuritas terbaik 2019

A. Fee Trading Murah

Perlu diketahui bahwa fee trading itu ada dua, yaitu biaya saat membeli saham dan biaya saat menjual saham.

Feee trading rata-rata dari semua perusahaan sekuritas untuk pembelian 0,1%-0,3%. Adapun untuk penjualan 0,2% hingga 0,4%.

Berikut ini adalah biaya beli/jual dalam bentuk persen (%):

  • Most 0,18/0,28
  • BNIS 0,15/0,25
  • MiraeAsset 0,15/0,25
  • Ipot 0,19/0,29
  • Phillip 0,20/0,30
  • MNCSekuritas 0.19/0.29

Biaya transaksi di atas sudah termasuk pajak dan sebagainya. Angka yang ditampilkan diurutkan dari biaya beli lalu biaya jual.

Dari atas terlihat bahwa BNIsekuritas dan Mirae Asset adalah yang paling murah baik biaya beli maupun jual sahamnya.

Nah, selanjutnya tinggal pertimbangkan apakah itu sesuai dengan kriteria yang anda tetapkan. Jika ya, maka mungkin ini sudah bisa jadi alasan untuk menjadi nasabah di broker saham tersebut.

Baca dulu: Daftar Perusahaan Sekuritas Syariah

B. Perusahaan Sekuritas dengan Minimal Deposit Paling Ringan

Dari hasil pengamatan saya, rata-rata Rp1 jt sampai dengan Rp3 jt. Tergantung kebijakan dari masing-masing broker tersebut.

Coba bandingkan masing-masing jumlah deposit awal atau dana yang harus disetor pada saat pertama kali membuka akun di beberapa pialang berikut:

  • Philip Sekuritas dan BNI Sekuritas Rp 1 jt
  • Mirae Assets Rp3 jt
  • Mandiri Sekuritas Rp2jt
  • Ipot atau Indopremier, Phintaro, Trimegah, dan MNC Sekuritas Rp100.000
  • inarmas Online Rp 500.000, sedangkan untuk Reguler sebesar Rp 25.000.000
  • CIMB Niaga Rp 5.000.000

Kelihatannya, dari beberapa yang disebut di atas, broker swasta lah yang umumnya kecil atau paling ringan biaya deposit awalnya.

Tapi kalau disuruh milih, saya pribadi mungkin akan memilih Indopremier saja karena selain lebih terkenal dan banyak yang menggunakan jasarnya, saya juga sudah konfirmasi langsung.

Untuk alternatif kedua mungkin MNC karena alasannya dari sekuritas yang dikelola perusahaan besar. Jadi lebih aman.

3. Pernah Mendapat Penghargaan dari Lembaga Pemeringkat Resmi

Nah, kalau yang ketiga ini mungkin pertimbangannya lain, bisa karena nasabahnya paling banyak, jumlah transaksi dari seluruh nasabahnya yang tertinggi, layanan produk digitalnya paling baik dan lain sebagainya.

Oke, mari kita simak satu per satu, kira-kira mana yang terbaik.

1. MNCSekuritas

https://www.mncsekuritas.id/pages/penghargaan/en

Anggota Bursa Mitra Galeri Investasi BEI Terbaik 2018 dengan Kategori Pengembangan dan Inovasi Kegiatan
Penghargaan “Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia 2018

Kebetulan acaranya diadakan oleh BEI, KPEI, KSEI pada 22 November 2018.

Ada lagi, Innovation in Customer Service Management, Planning & Practice – Financial Services Industries dalam rangka penghargaan “Asia-Pacific Stevie Awards 2017

Kalau yang di atas ini terkait layanan dari costumer servicenya yang dinilai.

Dan terakhir, Company of the Year – Business Services – up to 2,500 employees dalam penghargaan “Stevie Awards for Women in Business 2018” yang diselenggarakan oleh The Stevie Awards, Inc di New York, 16 November 2018.

Dan yang terakhir disebut, ini terkait soal layanan bisnisnya yang mampu mempekerjakan hingga 2500 karyawan. Tentunya layanannya juga bisa katakan terbaik, walau tak selamanya.

2. Trimegah

Pertama, penghargaan dari Trimegah adalah Best Listed Company 2017 di sektor Sekuritas dan Reksa Dana dalam Penghargaan Best Listed Companies 2017 yang diselenggarakan oleh Majalah Investor yang terkenal itu.

Kemudian penghargaan Indoensia Digital Innovation Award 2017 dengan kategori yang sama di atas. Acara tersebut diadakan oleh Warta Ekonomi.

Lanjut lagi, PT Trimegah mendapat penghargaan Indonesia Most Admired Company 2017 dan Most Innovative Business Award yang juga diselenggarakan oleh Warta Ekonomi.

3. Philips Sekuritas

ONLINE TRADING TERBAIK 2015 dan SPECIAL AWARDS kategori BEST SOCIAL ACTIVATION

4. Panin Sekuritas

Living Legend Companies Award 2019 penilaian diperoleh dari Warta Ekonomi pada hari Jum’at, 18 Januari 2019. Lalu IDX Appreciation 2018 dengan Award sebagai Anggota Bursa Terbaik Kategori Kinerja Keuangan di tahun 2018.

Kemudian dari Tempo Media Group November 2018, berupa penghargaan SPEx2 (Strategy into Performance Execution Excellence) dengan tema khusus yaitu Navigating Digital Shift dalam industri sekuritas.

Lanjut lagi dari Warta Ekonomi 2018, sebagai “Indonesia Most Admired Companies dan Most Innovative Business Award 2018 untuk kategori Terbaik Dalam Inovasi Pelayanan di Sektor Perusahaan Sekuritas.

Kemudian karena Aset di atas 1 triliun, Panin akhirnya mendapat award lagi berupa Perusahaan Sekuritas Terbaik 2017. Kali ini dari Majalah Investor di tahun 2017. Lalu sebagai TOP Emiten Business News Indonesia dan Most Powerful Company 2017 dari Warta Ekonomi.

5. IndoPremier

Di bawah ini semua di tahun 2015: Dari Bloomberg, Ipor memperoleh peringkat No. 2 – IDR Bond Bookrunner / UnderWriter. Lalu sebagai Best Securities Company, Most Active IDR Bond Lead Underwriter, No. 1 Favorite dan Best Online Trading. Semua diberikan oleh Berita Satu. Salah satu media online di Indonesia.

Indonesia’s Best Domestic Bond House dalam acara The Asset Asian Awards, lalau  2015 Bond House oleh Alpha Southeast Asia , HK. Dan terakhir  2015 Best Domestic Bond Debt House dari ASIAMONEY.

Selain itu, dari BEI Ipot ini mendapat award sebagai penjamin emisi terbaik, dan banyak lagi yang tidak bisa disebut satu per satu di sini.

6. Mandiri Sekuritas

Dan yang terbaru di 2019 Mansek bukukan Rekor Transaksi Saham Rp205 Triliun, dengan penghargaan Broker Terbaik di Pasar Modal Indonesia.

Selain itu dalam acara Finance Asia Country Awards for Achievement di tahun 2018. Penghargaan yang diperoleh oleh Most antara lain, “Best Debt Capital Markets House”, “Best Investment Bank”,  “Best Broker”, dan “Best Equity Capital Markets House”. Jadi di acara tersebut si Mansek ini menyabet 4 penghargaan sekaligus.

Dan masih ada lagi, dari BEI, ia memperoleh predikat sebagai anggota bursa terbaik dalam kategori pertumbuhan investor. Selain itu juga dikenal sebagai penjamin emisi terbaik dalam hal penerbitan saham.

Masih ada seratus lebih perusahaan sekuritas terbaik 2019 lainnya, hanya saja waktu kita tidak cukup untuk membahas semua di sini. Seperti, Mirae Asset Sekuritas Indonesia didapuk oleh BEI sebagai anggota bursa dengan aktivitas transaksi terbaik dan masih banyak lagi.

2 thoughts on “Sekuritas Terbaik 2019 di Indonesia, soal Fee Trading & Deposit Rendah dll, Ini Dia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *