UNVR – Profil Perusahaan Unilever Indonesia – Harga Saham UNVR, Grafik, Latar Belakang

Unilever adalah salah satu saham terbaik di BEI yang kinerjanya stabil dari waktu ke waktu. Nah, di kesempatan ini Analis ingin mengulas profil Profil Perusahaan Unilever Indonesia berserta harga 1 lot saham Unilever, latar belakang, serta grafik dan profil saham UNVR yang lebih lengkap.

Fakta menarik dari harga saham UNVR (sering juga disebut Oleochemical, sei mangkei) adalah dimana sejak pertama kali listing di BEI dengan harga Rp3.000 per lembar waktu itu, sekarang ini harganya sudah dikisaran Rp45.000an.

Itu artinya, jika ada seorang investor yang membeli saham Unilever di harga IPOnya dan belum menjualnya hingga sekarang, maka itu artinya iya telha untung kurang lebih 1400% atau 14 kali lipat.

Profil Perusahaan Unilever Indonesia / Profil Saham UNVR

Artikel tentang Company profile UNVR ini bisa dibuat dalam bentuk PDF, cukup dicopas ke word kemudian di-save dalam bentuk file pdf. Adapun profil singkatnya adalah sebagai berikut:

  • Nama: Unilever Indonesia Tbk profil perusahaan unilever Indonesia
  • Kode saham: UNVR
  • Biro Administrasi Efek: PT. Sharestar Indonesia
  • Alamat Kantor: Grha Unilever BSD Green Office Park Kav. 3 Jln BSD Boulevard Barat, BSD City Tangerang 15345
  • Email: unvr.indonesia@unilever.com
  • Telepon: 021- 80827000 / Faks: 021- 80827002
  • Web: www.unilever.co.id

Visi-Misi

Berdasarkan publikasi dari situs resmi Unilever langsung disebutkan Visi-Misinya sebagai berikut:

Visi

Untuk meraih rasa cinta dan penghargaan dari Indonesia dengan menyentuh kehidupan setiap orang Indonesia setiap harinya.

Misi

  • Kami bekerja untuk menciptakan masa depan yang lebih baik setiap hari.
  • Kami membantu konsumen merasa nyaman, berpenampilan baik dan lebih menikmati hidup melalui brand dan layanan yang baik bagi mereka dan orang lain.
  • Kami menginspirasi masyarakat untuk melakukan langkah kecil setiap harinya yang bila digabungkan bisa mewujudkan perubahan besar bagi dunia.
  • Kami senantiasa mengembangkan cara baru dalam berbisnis yang memungkinkan kami tumbuh dua kali lipat sambal mengurangi dampak terhadap lingkungan, dan meningkatkan dampak sosial.

Umumnya prinsip kerja perusahaan akan terus terjaga dan tidak ada perubahaan kecuali mungkin terjadi perpindahan kepemilikan saham yang signifikan.

Latar Belakang / Sejarah

Untuk perusahaan Unilever secara umum (bukan hanya di Indonesia) sebernarnya semua dimulai pada pertengahan tahun 1880-an di sebelah utara Inggris, sebuah bisnis grosir sukses milik keluarga yang dikelola oleh William Lever mulai membuat jenis sabun rumah tangga baru. (mungkin nama Lever tersebut yang jadi cikal bakal nama dari Unilever.)

Produk tersebut mengandung minyak kopra atau biji pinus yang bisa menimbulkan busa lebih mudah daripada sabun tradisional yang dibuat dari lemak hewan.

Lever memberi nama sabun tersebut dengan merek Sunlight, nama yang tidak lazim pada masa itu, ia kemudian menjualnya dalam kemasan yang lebih unik.

Namun, untuk sejarah yang lebih detail lagi, tahun 1872 sebenarnya awal dari segalanya ketika Jurgens dan Van den Bergh mulai mendirikan pabrik pertama mereka untuk tujuan produksi margarin.

Dan sejarah demi sejarah setelahnya terus diukir oleh Lever Brothers Ltd., termasuk pada tahun 1894 ia kemudian menciptakan sabun mandi yang sangat fenomental hingga saat ini, yaitu Sabun Lifebuoy.

Kalau di atas awal perjalanan Unilever mulai dari kota asalnya perusahaan tersebut di didirikan, tapi Unilever Indonesia Tbk (UNVR) yang berbadan hukum sesuai ketentuan aturan negara kita sebenarnya didirikan pada tanggal 5 Desember 1933 dimana awalnya bernama Lever’s Zeepfabrieken N.V.

Dan Lever’s Zeepfabrieken N.V ini mulai beroperasi di tahun 1933.

Adapun kantor pusat Unilever saat ini berlokasi di Graha Unilever, BSD Green Office Park Kav. 3, Jln BSD Boulevard Barat, BSD City, Tangerang PO BOX 15345, sedangkan pabriknya berlokasi di Jl. Rungkut Industri IV No. 5-11, Kawasan Industri Rungkut, Surabaya, Jawa Timur. serta Jl. Jababeka Raya Blok O, Jl. Jababeka 9 Blok D, Jl. Jababeka V Blok V No. 14-16, Kawasan Industri Jababeka Cikarang, Bekasi, Jawa Barat

Sektor / Bidang Usaha

Oleh Bursa Efek Indonesia, dalam situsnya IDX.co.id menyebutkan bahwa Unilever bergerak dalma bidang: CONSUMER GOODS INDUSTRY

Sub Sektor : COSMETICS AND HOUSEHOLD

Namun, jika merujuk ke AD/ART dari perseroan langsung maka diketahui bahwa bidang usaha utama dari Unilever di antaranya adalah meliputi bidang produksi, pemasaran serta distribusi barang-barang jenis konsumsi yang termasuk di dalamnya sabun, margarin, deterjen, makanan berinti susu, produk–produk kosmetik, es krim, minuman olahan teh, serta minuman sari buah.

Produk

Jika dilihat dari sisi produk dan asset yang dimiliki oleh Unilever, maka perusahaan ini digolongkan dalam perusahaan mature atau telah mapan.

Bisa dibilang, sekalipun UNVR ini jarang meluncurkan produk baru, tapi laba yang dihasilkan terus terjaga karena perusahaan terus melakukan pengembangan dan juga strategi marketing untuk terus menghasilkan penjualan yang tinggi dari waktu ke waktu.

Di antara brand yang termasuk dalam produk Unilever adalah:

  1. Axe
  2. Bango
  3. Blue Band
  4. Buavita
  5. Cif
  6. Citra
  7. Clear
  8. Close Up
  9. Domestos
  10. Dove
  11. Fair and lovely
  12. Lifebuoy
  13. Lifebuoy Shampoo
  14. Liptonproduk unilever
  15. Lux
  16. Molto
  17. Pond’s
  18. Rexona
  19. Rinso
  20. Royco
  21. Sariwangi
  22. Sunlight
  23. Sunsilk
  24. Super Pell
  25. Surf
  26. Tresemmé
  27. Vaseline
  28. Vixal
  29. Wall’s
  30. Wipol Karbol
  31. Zwitsal

Semua produk di atas terbagi dalam 3 kategori, yaitu food & drink (makanna dan minuman), home care (perawatan rumah tangga), dan personal care (perawatan tubuh)

Dari sejumlah yang disebutkan di atas, kemungikan akan terus bertambah seiring ekspansi atau apun akuisisi yang dilakukan oleh Unilever ke depannya.

Struktur Organisasi PT Unilever Indonesia Tbk

Dalam manajemen UNVR, sebagai perusahaan terbuka yang telah terdaftar dan diperdagangkan sahamnya di bursa, maka susunan organisasi Unilever pun telah diatur dan ditetapkan sesuai standar perusahaan terbatas umumnya.

Sekretaris Perusahaan

Bapak Sancoyo Antarikso

Direktur

Hemant Bakshi – PRESIDEN DIREKTUR

Enny Hartati, Tevilyan Yudhistira Rusli, Sancoyo Antarikso, Ira Noviarti, Willy Saelan, Amparo Cheung Aswin, Vikas Gupta, Hernie Raharja, dan Jochanan Senf – DIREKTUR

Komisaris

Maurits D.R. Lalisang – PRESIDEN KOMISARIS

Erry Firmansyah, Mahendra Siregar, Hikmahanto Juwana, dan Alexander Rusli – KOMISARIS

Komite Audit

Erry Firmansyah – KETUA

Haryanto Sahari dan Dwi Martani – ANGGOTA

Profil saham UNVR menyangkut nama-nama yang tertera di atas dapat berubah sekwatu-waktu sesuai dengan perubahan AD/ART Unilever ke depannnya.

Daftar Pemegang Saham

Data nama atau lembaga yang menjadi pemegang saham utama (di atas 5%) di bawah dapat berubah kapan saja karena tergantung keputusan dari masing-masing investor, apakah ingin tetap meng-hold atau melepas saham Unilever. Berikut adalah beberapa nama yang tercatat oleh BEI yang menjadi pemegang dominan saham UNVR:

  • Unilever Indonesia Holding B.V. sebanyak 6.484.877.500 lembar atau senilai 84,99%
  • Masyarakat umum / public yang dipegang banyak orang dan tercatat kurang dari 5%, totalnya adalah 1.145.122.500 lembar atau 15,01%
  • Hernie Raharja dan Willy Saelan masing-masing 2.934 dan 477

Beberapa alasan yang mendasari penulis menggolongkan perusahaan ini sebagai perusahaan bonafid dan mampu bertahan hingga puluhan tahun kedepan, di antaranya:

  1. Hampir semua brand produknya, terutama pada produk ‘kamar mandi’ nya selalu menjadi leader di bidangnya, termasuk shampo, sabung mandi, pasta gigi dsb.
  2. Produknya murah dan dibutuhkan banyak orang. Inilah salah satu syarat kerhasilan suatu bisnis, yakni menjual barang semurah mungkin dengan kualitas yang tetap terjaga dan diminati oleh banyak orang, bahkan semua lapisan strata dan umur masyarakat.
  3. Produknya selalu digunakan dan dipakai dalam jangka panjang. Ya, karena hampir, bahkan semua, orang tidak ada yang tidak butuh produk seperti shampo, sabun, pasta gigi dan lainnya selama ia hidup, sehingga mustahil produk seperti ini ditinggalkan konsumen.

Informasi profil Unilever ini bukan untuk rekomendasi beli maupun menjual saham UNVR. Selain itu, anda bisa menemukan profil UNVR di situs lain seperti Wikipedia dan lainnya.

Info Analis ini hanya sekedar informasi tambahan mengenai latar belakang dan grafik harga saham UNVR. Selebihnya, anda bisa melakukan analisa fundamental sendiri mengenai layak tidaknya saham ini untuk tujuan nabung saham atau investasi jangka panjang.

Sampai di sini dulu penjelasan soal profil perusahaan Unilever Indonesia atau profil saham UNVR. Semoga investasi anda di saham blugchip ini bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal. Salam berkah selalu dengan saham syariah!

Leave a Reply

Your email address will not be published.