Valuasi Saham: Rasio PER yang Bagus itu Begini… (Price To Earning Ratio)

Bicara soal rasio valuasi saham maka salah satu rasio keuangan yang sering digunakan adalah rasio PER atau rasio Price to Earning Ratio ini.

Selain PER, PBV juga merupakan rasio harga pasar saham yang selalu digunakan untuk menilai saham murah atau mahal secara relatif.

Menilai PER saja tidak bisa memberikan kita jawaban apakah saham yang sedang dianalisa itu bagus nilainya atau tidak. Tapi kita butuh analisis horizontal lagi untuk menilai secara utuh apakah saham tersebut sudah betul-betul murah atau tidak. Soal ini juga sudah dijelaskan dasarnya di sini : Menghitung Rasio Valuasi

Di antara cara yang digunakan untuk menilai rasio PER secara menyeluruh adalah dengan menghitung:

  1. Histori rasio PER, dan
  2. Rasio PER rata-rata dalam sektor yang sama.

Menilai secara histori maksudnya membandingkan berapa rata-rata PER saham tersebut dihargai pasar selama ini. Jika punya data 5 tahun terakhir tentu akan lebih baik lagi. Bisa dengan melihat data histori tahunannya atau lebih lengkap di tiap kuartalnya. Nah, tinggal lihat berapa nilai tertinggi dan terendahnya.

Adapun nilai rata-rata Price Earning Ratio bisa didapatkan dengan mengumpulkan data rasio PER beberapa saham dalam sektor atau bidang yang sama. Kemudian jumlahkan semua lalu bagi sesuai jumlah data yang ada, maka itulah nilai rata-ratanya.

Jika PER saham yang dianalisa saat ini ternyata nilainya lebih tinggi dari nilai histori dan rata-ratanya maka kita anggap mahal, demikian sebaliknya. Jika lebih rendah dari nilai relatif, histori dan rata-ratanya maka kita anggap murah saham tersebut. Tinggal lakukan analisa fundamental saham lanjutan, termasuk menghitung rasio PBV dan rasio profitabilitasnya.

Rumus Cara Menghitung Rasio PER dan Nilai yang Bagus

Ulasan lengkap soal ini bisa dilihat di video berikut https://youtu.be/Y0BilYvCNxo

Demikian, ulasan singkat soal Rumus PER cara menghitung Rasio Price to Earning Ratio ini. Jika ada pertanyaan silahkan komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *