WSBP – Waskita Beton Precast

Profil saham WSBP ini menyajikan data lengkap dari profil perusahaan PT. Waskita Beton Precast Tbk. Termasuk di dalamnya sejarah, pencatatan saham di IDX, besarnya dividen, hingga anak usaha dan direksinya.

WSBP bisa dibilang saham yang baru listing di Bursa Efek Indonesia. Tercatat baru IPO pada tanggal 20 September 2016. Dan hingga artikelnya ini diposting, harga sahamnya masih belum bisa bangkit dari harga IPOnya pertama kali.

Emiten ini bukanlah bisnis utama, melainkan pengembangan dari bisnis WSKT atau Waskita yang khusus menangani bisnis beton siap pakai untuk berbagai kebutuhan konstruksi. Sedagn WSKT sendiri fokus pada bisnis infrastruktur.

Di antara jenis proyek yang telah sukses digarap oleh WSBP sendiri adalah seperti proyek jalan tol, pembangunan jembatan dan gedung bertingkat tinggi, serta revitalisasi sungai.

Hingga artikel ini dipublikasikan, harga saham emiten ini masih belum bisa bangkit di harga 438 per lembar. Ini dikarenakan sektornya yang belum mendapat hembusan sentimen positif di bursa.

Profil Saham WSBP

Berikut adalah data lengkap dari perusahaan Waskita Beton Precast Tbprofil saham wsbpk yang bisa dijadikan rujukan untuk para investor saham:

Data Perusahaan

Alamat Kantor : Gedung Teraskita, Lt. 3-3A Jl. MT. Haryono Kav. No. 10A, RT 11, RW11, Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur 13340
No. Telepon / Faks : (021) 22892999 / (021) 29838020
NPWP : 71.207.015.0-093.000
Alamat Email : info@waskitaprecast.co.id
Biro Administrasi Efek : PT. Datindo Entrycom
Situs : www.waskitaprecast.co.id

Bidang Usaha PT. Waskita Beton Precast Tbk

  • Bidang Utama : Industri manufaktur beton precast dan ready mix
  • Sektor : BASIC INDUSTRY AND CHEMICALS
  • Sub Sektor : CEMENT

Berdasarkan AD ART WSBP, diketahui bahwa Waskita Beton ini bergerak dalam bidang: industri konstruksi, dan pabrikasi, jasa, perdagangan, agro industri, pekerjaan terintegrasi (Engineering, Procurement and Contruction / EPC).

Selain itu, WSBP juga menyebutkan melayani dalam layanan jasa peningkatan kemampuan di bidang konstruksi, transportasi, jasa penyewaan, investasi, jasa keagenan, pengelolaan kawasan, pembangunan, dan teknologi informasi serta kepariwisataan.

Namun, kegiatan usaha utama dari Waskita Beton Precast adalah fokus dalam produksi beton precast dan juga beton ready mix. Saat ini WSBP beroperasi dengan 8 pabrik precast, ditambah dengan 20 pabrik ready mix/ batching plant dan juga 2 mesin stone crusher sebagai penunjangnya.

Baca juga: Pengalaman Dapat Dividen Saham, Ternyata!

Sejarah Bisnis

Pada awal berdirinya, WSBP bukanlah bisnis utama yang berdiri sendiri, melainkan hanya Divisi Precast dari PT. Waskita Karya (Persero). Divisi ini mulai menjalankan tugasnya pada 1 Januari 2013.

Namun, seiring dengan perkembangannya dan prospeknya yang menjanjikan, akhirnya Waskita mendirikan anaka usaha bernama PT Waskita Beton Precast, tepatnya Oktober 2014.

Berkat ekspansi yang masih dan berbagai kontrak yang berhasil di tangani oleh WSBP, akhirnya pada tahun 2014 kapasitas produksi beton atau precast-nya telah mencapai angka 800.000 Ton per tahun.

Selanjutnya, dengan pengembangan yang lebih agresif lagi di thn 2016, WSBP telah berhasil mencapai kapasitas produksi hingga 2.650.000 Ton per tahun.

Dan akhirnya, dengan didasari tekad untuk menjadi salah satu dari perusahaan manufaktur beton precast dan readymix terbaik dan terbesar di Indonesia, pada 20 September 2016 WSBP berhasil melaksanakan IPO di Bursa Efek Indonesia.

Dewan Direksi dan Manajemen Perusahaan

Dalam melengkapi syarat pendirian usaha terdaftar dari OJK dan BEI, WSBP telah mensahkan beberapa susunan manajemennya berikut ini:

Sekretaris Korporat

Ratna Ningrum

Direktur

Jarot Subana – DIREKTUR UTAMA

Agus Wantoro, A. Yulianto Tyas Nugroho dan MC. Budi Setyono – DIREKTUR

Komisaris

Tunggul Rajagukguk – KOMISARIS UTAMA

Agus Sugiono, Deddy Jevri Hanteru Sitorus dan Suhendro Bakri – KOMISARIS

Komite Audit

Suhendro Bakri – KETUA

Paulus Alexander Widjaja dan F. Heru Wibowo – ANGGOTA

Informasi di atas bisa saja tidak uptodate bila WSBP telah melakukan perombakan dari hasil RUPS. Untuk itu beri komentar agar kami tahu.

Pemegang Saham WSBP

  • PT Waskita Karya (Persero) Tbk. sebanyak 15.816.680.599 lembar atau setara dengan 60 %
  • PT Waskita Beton Precast Tbk sebanyak 1.845.281.000.000 lembar atau setara dengan 7 %
  • Masyarakat umum 8.699.195.935 atau setara dengan 33 %

Bilamana ada perubahan nama pemegang saham pengendali, maka biasanya akan diumumkan di situs resmi IDX atau pun di situs WSBP sendiri.

Kantor Cabang

Mulai dari awal berdirinya hingga saat ini, WSBP telah membangun pabrik di beberapa kota/kabupaten, diantaranya adalah Precast Plant Karawang, Cibitung, , Bojanegara, Sadang, Kalijati, Sidoarjo, Subang, Klaten, dan Palembang.

Selain itu, untuk batching plant, WSBP telah berhasil membangun di 41 tempat dan yang tersebar di Pulau Jawa, serta Sumatera dan Sulawesi.

Dan mengenai anak usaha, saat ini kami belum mendapat informasi mengenai anak usaha yang terafiliasi dengan bisnis beton WSBP.

 

Pencatatan Saham

Disebabkan karena Waskita Beton adalah perusahaan yang baru listing di BEI, maka histori pencatatan sahamnya belum terlalu banyak. Di antranya:

  1. Penawaran Saham Perdana dengan nilai @ Rp490,- per lembar sebanyak 15.816.694.534 pada tanggal 20-Sep-2016
  2. Pencatatan Saham Pendiri (Company Listing) sebanyak 10.544.463.000 pada tanggal yang sama, 20-Sep-2016

Mau tau lainnya soal perusahaan apa saja di BEI, pastikan berkunjung ke tautan profil perusahaan. Dalam artikel tersebut disebutkan lengkap semua emiten yang terdaftar di situs IDX.

Demikian info profil saham WSBP ini. Semoga informasi yang Anda cari dari profil Waskita Beton Precast Tbk ini bermanfaat dan bisa menlancarkan analisa saham yang sedang diincar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *